Dewan Pers

Dark/Light Mode

Diakui WHO Dan Amerika

Corona RI Hijau Semua

Jumat, 5 Nopember 2021 07:40 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan Indonesia menangani Covid-19 mendapat acungan jempol dari dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Amerika Serikat. WHO menyatakan, kasus Corona di Indonesia sudah menurun. Semua provinsi sudah level 1. Sementara, Lembaga Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyebut, Corona di sudah masuk zona hijau.

Pengakuan WHO itu disampaikan dalam laporan yang dirilis Rabu (3/11). Organisasi kesehatan dunia yang bermarkas di Jenewa, Swiss, itu mengumumkan, tren penularan kasus di semua provinsi di Indonesia terus menurun sejak Agustus 2021.

Berita Terkait : Kerjasama Aplikasi Wehelpyou dan OVO Berikan Ragam Potongan Harga

Agar kondisi ini bisa dipertahankan, WHO menyarankan Pemerintah Daerah tetap memantau secara ketat setiap klaster penularan. Hal itu untuk memastikan upaya antisipasi yang cepat terhadap potensi wabah susulan. "Pelacakan kontak erat untuk setiap kasus penting diidentifikasi untuk mencegah penyebaran infeksi," tulis WHO, dalam laporannya seperti dikutip Reuters, kemarin.

WHO juga menyatakan, Indonesia telah meningkatkan standar pengujian testing Covid-19 dari 1 per 1.000 penduduk per pekan sejak pertengahan Mei 2021 menjadi 4 per 1.000 penduduk dalam tujuh pekan terakhir. Angka positivity rate secara nasional konsisten di bawah 2 persen dalam sepekan terakhir berdasarkan standar testing WHO.

Berita Terkait : Jangan Sotoy Turunin Kasus, Kasus Corona Masih Dinamis

Tak hanya WHO yang mengakui Corona di Indonesia melandai. Dalam panduan kunjungan yang dirilis CDC Amerika Serikat, Indonesia ditetapkan sebagai negara dengan status level 1 atau tingkat penularan rendah. Sementara, negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand masuk dalam status level 4 atau tingkat penularan sangat tinggi. Filipina dan Vietnam masuk kategori level 3 atau tingkat penularan tinggi.

Mengutip laman CDC, kriteria penilaian yang digunakan berdasarkan jumlah kasus infeksi baru selama 28 hari terakhir. Mereka kemudian membandingkannya dengan jumlah penduduk.

Berita Terkait : Megawati Jadi Dewan Pengarah BRIN, Begini Kata Sestama BPIP

Penanganan Corona di Tanah Air memang makin membaik. Jumlah kasus harian terus melandai. Merujuk data Satgas Penanganan Covid-19, zona hijau di Indonesia terus bertambah menjadi 14 wilayah. Zona hijau adalah wilayah yang tak ada kasus Corona.

Kini, sudah tak ada lagi zona merah ataupun oranye. Adapun zona kuning alias wilayah berisiko rendah saat ini masih mendominasi.
 Selanjutnya