Dark/Light Mode

Jelang Ajang Superbike Di Mandalika, Kapolri Ingatkan Pencegahan Laju Pertumbuhan Covid-19

Minggu, 7 November 2021 18:36 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (7/11).(Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (7/11).(Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang pelaksanaan Asian Talent Cup dan World Superbike Championship (WSBK), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (7/11).

Pengecekan dilakukan keduanya untuk memastikan pengamanan dan penanganan, serta pengendalian Covid-19 berjalan dengan baik. Mulai dari persiapan, saat berlangsung, hingga berakhirnya event internasional tersebut.

"Tentunya ini akan menjadi ujian buat kita apakah kita mampu untuk melaksanakan event internasional, namun laju pertumbuhan Covid-19 bisa kita jaga," ujar Sigit kepada wartawan, usai meninjau Sirkuit Mandalika.

Baca juga : Resmikan Pembangunan Komplek Brimob Presisi, Kapolri Ingatkan Pentingnya Sinergitas TNI-Polri

Untuk mencegah laju pertumbuhan virus Corona, Sigit meminta seluruh pihak terkait di NTB, bersama-sama dengan TNI, Polri, Dinkes, relawan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama bersinergi melakukan percepatan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Dengan akselerasi vaksinasi, kekebalan komunal bisa segera terwujud. Sehingga, pelaksanaan event internasional bisa berjalan, baik dari segi keamanan dan kesehatan.

"Oleh karena itu tentunya kami selalu mengingatkan bahwa percepatan akselerasi vaksinasi untuk memastikan masyarakat kita memiliki kekebalan dan imunitas terhadap Covid-19," ujar eks Kabareskrim Polri tersebut.

Baca juga : Kasus Pajak Di Malaysia, Menpora Pastikan Saddil Ramdani Bisa Pulang Ke Indonesia

Selain akselerasi vaksinasi, Sigit menegaskan, penguatan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat, juga harus diperkuat. Hal itu, bersama vaksinasi, masih menjadi strategi utama untuk mencegah laju penyebaran virus Corona.

"Sehingga kita bisa melaksanakan event secara baik, laju Covid-19, bisa dijaga dan dampaknya pertumbuhan ekonomi akan semakin baik," tutur Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini optimis, event internasional di NTB bakal berjalan dengan aman dan memperhatikan faktor kesehatan. Dia berkaca pada kesuksesan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua beberapa waktu lalu.

Baca juga : Kolaborasi PTK Dan TYT, Berbagi Bantuan Pemulihan Dampak Covid-19

Dalam kegiatan tersebut, keamanan dan faktor kesehatan bisa berjalan beriringan. Hasilnya, tidak ada ledakan kasus Covid-19 pasca event nasional tersebut.

"Beberapa waktu lalu PON ke-XX berjalan baik dengan tetap menjaga prokes. Alhamdulillah untuk pertumbuhan Covid-19 pada saat itu betul-betul bisa kelola, sehingga tidak muncul gelombang ketiga," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.