Dark/Light Mode

3 Pekan Banjir Sintang

Surutnya Telat, Ributnya Cepat

Minggu, 14 November 2021 07:37 WIB
Banjir 3 pekan di Sintang, Kalbar. (ANTARA FOTO/JANE ELISABETH WUYSANG).
Banjir 3 pekan di Sintang, Kalbar. (ANTARA FOTO/JANE ELISABETH WUYSANG).

 Sebelumnya 
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, juga merespons cuitan Fadli. Satu sisi, Ngabalin berterima kasih karena Fadli telah mengapresiasi peresmian Sirkuit Mandalika. Di sisi lain, ia tak terima nyinyiran Fadli ke bosnya.

“Itu artinya bahwa dia masih butuh banyak baca lagi. Banyak baca beberapa regulasi untuk dia memahami. Karena, dengan statement itu, tidak terlalu etis bagi seorang anggota DPR. Karena saya mengukur dengan dirinya saya waktu saya menjadi anggota DPR,” tutur Ngabalin.

Kurang baca regulasi yang dimaksud Ngabalin adalah adanya pembagian tugas dalam penanganan bencana di suatu wilayah. Suatu bencana di wilayah tertentu, menurut Ngabalin, dapat ditangani secara langsung oleh pemerintah daerah (pemda) hingga lembaga/ kementerian.

Baca juga : Ada Klaster PTM, Ganjar Minta Sekolah Tetap Jaga Prokes

Ngabalin lantas mengenang saat dirinya menjadi anggota DPR. Dia bersama, anggota dewan lainnya mengumpulkan bantuan untuk korban bencana. Setelah bantuan terkumpul, bantuan tersebut disalurkan kepada para korban.

“Ada memang di bencana-bencana tertentu yang ditangani langsung oleh pemda, oleh pemda provinsi, tingkat bawahnya lagi itu oleh pemda tingkat dua atau kota. Di atasnya lagi itu ada badan-badan negara/pemerintah,” kata Ngabalin.

Mendengar keributan ini, Partai Demokrat meminta polemik banjir Sintang dihentikan dan fokus penanganan korban. “Jangan sampai mereka kekurangan pasokan makanan dan bantuan lainnya yang mereka perlukan,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Baca juga : FIFGROUP Poles Taman Cahaya Madani, Singkawang Kini Makin Cantik

Agar bencana ini tidak terulang, ia meminta pemerintah pusat perlu mendukung langkah Gubenur Kalbar yang tegas terhadap perusahaan sawit dan tambang. Seperti peninjauan kepada perusahaan yang mencari keuntungan semata. Namun ketika masyarakat sedang terkena musibah bencana, perusahaan tidak peduli.

Herzaky memprediksi, banjir di Kalbar saat ini semakin meluas, dan belum mencapai puncaknya. Sebab itu, partai berlogo mercy ini turut membantu warga terdampak banjir, sesuai arahan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Menurut dia, Ketua DPD Provinsi Kalbar terpilih, Ermyn Elviani, yang juga Ketua Fraksi PD di DPRD Provinsi Kalbar, sudah turun langsung ke Sintang, Sanggau, dan Sekadau. “Dia memberikan bantuan sembako dan bantuan lainnya yang diperlukan oleh warga terdampak,” pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.