Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sugianto Sabran: Mulai Januari 2022, Bauksit Mentah Tak Boleh Keluar Kalteng

Senin, 15 November 2021 08:02 WIB
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran (Foto: Humas Kalteng)
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran (Foto: Humas Kalteng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menegaskan, hilirisasi industri di Kalimantan Tengah harus segera dilakukan. Agar bisa memberikan nilai tambah yang lebih baik, dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya.

Karena itu, ia pun melarang bauksit mentah keluar dari Kalimantan Tengah, mulai Januari 2022.

"Saya sudah menyurati kementerian terkait, bahwa bahan mentah bauksit per Januari 2022 tidak boleh keluar dari Kalimantan Tengah. Bahan mentah harus bisa diolah, minimal barang setengah jadi,” tegas Sugianto seperti dilansir ANTARA, Minggu (14/11).

Cadangan bauksit Indonesia saat ini diperkirakan berjumlah 2,96 miliar ton dan mencapai 92 tahun. Kalimantan Tengah  merupakan salah satu kontributor utama bauksit.

Baca juga : Penumpang KRL Berdesakan Antrean Mengular Ke Jalan

"Melihat hal ini kita harus bijak. Tidak bisa kita eksplorasi membabi buta, tanpa memperhatikan dampak lingkungan dan nilai manfaat yang dirasakan masyarakat," tegasnya.

Hilirisasi menjadi sangat penting karena akan berdampak pada perekonomian secara luas. Seperti penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan PAD yang dapat dirasakan melalui pembangunan berbagai sektor strategis.

Sugianto menjelaskan, gubernur yang merupakan Bapak bagi masyarakatnya, memiliki tanggung jawab besar, untuk memastikan masyarakatnya sejahtera.

Dalam beberapa kesempatan, ia seringkali menyampaikan, SDA di Kalimantan Tengah sangat melimpah. Sehingga sudah seharusnya dapat dirasakan seluruh masyarakat. Baik di sektor pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur.

Baca juga : 2022, Anies Bulatkan Tekad Keliling Dari Sabang-Merauke

"Hilirisasi yang dicita-citakan adalah untuk menyejahterakan masyarakat Kalimantan Tengah. Bukan untuk menyejahterakan segelintir orang saja, dan menyisakan dampak buruk khususnya bagi masyarakat setempat," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menjamin iklim usaha. Terutama, keamanan berinvestasi dan layanan yang cepat dan tepat.

"Namun kami juga tidak akan ragu-ragu untuk menindak tegas praktik usaha yang tidak sesuai ketentuan,” tegas Sugianto.

Upaya hilirisasi ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi. Berulang kali, Jokowi mengingatkan tentang pentingnya hilirisasi. Demi nilai tambah yang maksimal untuk kepentingan nasional.

Baca juga : Menkominfo: Jangan Terjebak Euforia, Disiplin Masker Tak Boleh Kendor

Dalam industri pertambangan, Jokowi mengingatkan, agar masyarakat tak hanya menjadi tukang gali saja. Sebab, anugerah yang diberikan Tuhan sangat luar biasa besarnya.

“Kita jangan hanya tukang gali, kemudian kita kirim keluar. Lalu mereka buat smelter di sana, dan bahan mentah kita dijadikan barang jadi atau barang setengah jadi, kemudian kembali ke sini kita beli. Inilah yang sedikit demi sedikit, tahap demi tahap harus kita hilangkan,” kata Jokowi, dalam pengarahan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII Tahun 2021 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.