Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Dapet Seratus Lima Puluh Ribu

Jumat, 31 Mei 2019 09:47 WIB
Ngopi - Alhamdulillah, Dapet Seratus Lima Puluh Ribu
Catatan :
WAHYU SURYANI

RM.id  Rakyat Merdeka - Keringat yang belum kering tak terasa begitu Imam menghitung hasil ngamen ondel-ondelnya. “Alhamdulillah, dapet seratus lima puluh ribu,” katanya.

Imam dan seorang temannya serius menghitung hasil ngamen ondel-ondel yang ditaro di ember kecil bekas cat. Uangnya recehan. Dua ribuan dan uang logam seribu. Kecrek...kecrek, uang yang ada di ember dituang ke lantai.

Baca juga : Gubernur BI: Alhamdulillah, Rupiah Kembali Menguat

Imam menghitung uang di pojokan Indomaret pom bensin Pamulang. Uang receh itu akan ditukarkan ke kasir. Selagi dia menghitung uang, ondel-ondelnya ditaro deket pintu keluar pom bensin. 

Selama Ramadan, Imam dan temannya ngamen setelah magrib. Itu juga nggak lama, paling sampai jam 10 mereka sudah balik ke rumah. “Bulan puasa gini kalo ngamen siang-siang nggak kuat. Abis magrib aja,” katanya.

Baca juga : Alhamdulillah, Rp 19 Triliun THR PNS Sudah Dicairkan

Sebagai seorang muslim, Imam juga berpuasa. Sampai sekarang belum batal. Makanya, dia ogah ngamen siang-siang, takut puasanya batal. Saya pun langsung bertanya, gimana caranya menyewa ondel-ondel untuk hajatan. Soalnya, anak saya pengen banget nanggap ondel-ondel kalo disunat. 

Imam bilang, sewa ondel-ondel bisa melalui sanggar. Ondel-ondelnya didandanin rapih, seragam, nggak asal. Ada yang ngiringin pake lagu. Lengkap. Soal harga sewa, Imam bilang, biasanya sekitar satu juta lima ratus ribu rupiah. Ya, Tergantung kebutuhan si penyewa juga sih. Harga bisa lebih dari itu. Dan sebagai anggota sanggar, Imam tahu betul apa yang dimau penyewa. 

Baca juga : Alhamdulillah, Kurma Muda Tumbuh Subur Di Kota Bekasi

Tapi, sekarang sanggar lagi sepi. Untuk memenuhi kebutuhan setiap hari, Imam mengandalkan ngamen pake ondel-ondel bersama temannya. Hasilnya, lumayan.... ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.