Dark/Light Mode

Jangan Percaya Calo Mas!

Sabtu, 22 Juni 2019 07:42 WIB
Ngopi - Jangan Percaya Calo Mas!
Catatan :
SISWANTO

 Sebelumnya 
Tapi karena penasaran, saya tanya juga berapa harganya. “Berapa bang biayanya?” tanya saya. Keduanya pun minta saya tunjukkan bukti tilang yang saya pegang. “Kalau mobil, satu pasal Rp. 400 ribu. Tinggal duduk di sini, semua beres,” katanya.

Wah saya kaget juga dengan harganya. “Maaf bang, saya urus sendiri aja. Biarin deh kalau lama,” kata saya tinggalkan mereka. Kebetulan sebelum saya pergi, ada pengunjung lain yang juga ditawarin jasa calo.

Baca juga : Tantangan Pasca Pilpres

Sepertinya, orang tersebut menerima tawaran jasa calo. Kelihatan tadi saya sempat melihat lelaki tersebut keluarkan sejumlah uang. Ternyata keterangan calo tadi benar-benar berbeda saat saya urus tilang sendiri.

Hanya sekitar 10 menit, saya serahkan bukti tilang di loket, sudah dipanggil. Memang saat itu, pengunjung yang urus tilang tidak terlaku banyak. Hanya sekitar 30 orang. Denda yang dibayar juga nggak semahal harga jasa calo. Tidak sampai Rp 200 ribu.

Baca juga : Timnas Vs Vanuatu, Simon Percaya Diri

Setelah SIM sudah di tangan, saya bergegas menuju parkiran. Sebelum sampai parkiran, saya ketemu dengan pria yang gunakan jasa calo. Dia masih menunggu di situ.

“Duluan mas,” kata saya sambil tersenyum. Sebenarnya saya mau ngobrol sebentar. Tapi waktu tidak berpihak. Sekarang sudah jam deadline kerja. Saya harus segera ke kantor. Terpaksa saya harus pergi.

Baca juga : Mesin Samba Masih Panas

Pria tadi hanya bisa bengong. Tampak mimik wajahnya seperti orang bingung. Mungkin dia tidak percaya, saya urus tilang sendiri tanpa jasa calo sudah selesai duluan.

Sementara dia, belum tahu berapa lama lagi selesai belum soal biaya yang jauh lebih murah. “Dalam hati saya bilang, makanya jangan percaya calo mas!” ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.