Dark/Light Mode

Berburu Motor Jadul

Minggu, 21 Juli 2019 05:06 WIB
Ngopi - Berburu Motor Jadul
Catatan :
ADITYA NUGROHO

RM.id  Rakyat Merdeka - Kring..kring...kring. Bunyi telp dari tadi terus berdering. Saya memang tidak langsung mengangkat telp karena masih pagi. Apalagi, malamnya habis begadang. Pas bangun, baru saya lihat handphone, ternyata ada empat kali panggilan tak terjawab dari teman saya, Paul.

Paul cuma nama kerennya. Nama aslinya Udin. Kerjaan dia seorang mekanik. Dari kecil udah hidup dari bengkel-ke bengkel. Sekarang dia, sudah punya bengkel sendiri. Saya sama dia memang lagi ada bisnis bareng. Bisnis ngumpulin motor jadul.

Baca juga : Memburu Kursi BPK

Motor jadul di sini adalah Yamaha RX King, Honda Astrea Grand, dan Honda Win. “Ada barang nih, mulus RX King 1997 (Yamaha),” ujar Paul diujung telp. “Minta berapa? (Harganya),” tanya saya. “10 ribu (10 juta). Masih perlu dirapihin sedikit,” tambahnya.

Saat ini, permintaan motor-motor jadul itu sangat tinggi. Banyak yang cari. Harganya pun tak masuk akal. Saya pernah beli Yamaha RX King dikisaran harga Rp 9 Juta kemudian dirapihkan lagi seperti baru keluar pabrik. Dan, saya jual lagi dengan harga sampai Rp 15 juta.

Baca juga : Lik Woto Gadungan

Bahkan beberapa teman yang memang kerjaan bangun motor jadul, bisa menjual motor jadul sampai Rp 20 juta. Salah satu motor yang tembus segitu adalah Honda Win dan RX King. Motor ini memang desainnya sangat bagus dan barangnya sedikit. Sementara yang cari banyak.

Kenapa orang masih tertarik beli motor jadul, karena faktor kenangan, desainnya simple, dan tak lekang oleh zaman. Dan yang paling penting, motor jadul sangat kuat. Banyak yang bilang kekuatan motor sekarang seperti kerupuk. 

Baca juga : Membunuh Tokoh

Bisnis ini mulai rame dua tahun belakangan. Paul yang tadinya buka bengkel balap, sekarang lebih senang memoles motor jadul. Jangan heran kalau bengkelnya yang ada di Pamulang banyak diisi motor jadul. Selain bisnis jual beli motor jadul, bisnis mengembalikan motor jadul ketampilan aslinya sungguh menarik.

Saat ini biaya renovasi motor jadul ke tampilan awal mulai dari Rp 5-10 juta. Peminatnya juga sangat banyak. Rata-rata yang pakai motor jadul adalah anak-anak muda. Jadi jangan kaget, nanti kalau di jalan ketemu motor-motor jadul seperti keluaran pabrik lalu lalang. Anda tertarik pake motor jadul lagi? ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :