Dark/Light Mode

Mimpi Nemu Duit

Jumat, 8 Februari 2019 06:04 WIB
Ngopi - Mimpi Nemu Duit
Catatan :
KRISTANTO

RM.id  Rakyat Merdeka - Matanya menatap ke bawah. Jelalatan dari kiri ke kanan. Atau sebaliknya. Tak ada yang lepas dari perhatiannya. Terutama saat berada di jalan.

Kakinya yang coklat gempal bakal menendang atau menginjak setiap bungkusan koran, plastik keresek atau sejenisnya, yang dia temui di jalan. Inilah kebiasaan baru teman saya. Sebut saja namanya Anton.

Sekali, dua kali, saya masih cuek. Tapi setelah berkali-kali dia melakukan itu, saya penasaran juga. “Ngapain sih,” tanya saya. “Iseng. Siapa tahu nemu duit. 200 juta,” jawabnya singkat. Saya pun tertawa ngakak mendengar penjelasan ini.

Baca juga : Pria Tertua Dunia Wafat

Mimpi kalee, komentar saya dalam hati. “Namanya mimpi ya sah-sah aja kali,” tukas Anton, seperti mendengar komentar di dalam hati saya. Sebelum ini, Anton juga punya kebiasaan yang lain.

Maki-maki pemerintah. Di tempat kerja, saat nongkrong bersama teman, di rumah, sampai di grup WhatsApp. Di mana saja. Pokoknya, setiap ada kesempatan, Anton akan melantunkan kritik buat Jokowi Cs.

Entah kebetulan atau tidak, semenjak Jokowi berkuasa, rezeki Anton memang mendadak seret. Sementara cicilan rumah, cicilan motor, dan biaya sekolah anak tetap harus dibayar.

Baca juga : Buah Pijar Ciletuh

Mungkin karena itu dia kerap menyalurkan kekesalannya dengan “nyanyi”. Kembali ke soal kebiasaan barunya, kata Anton, mimpi nemu duit bukan eksklusif miliknya.

Ternyata ada juga beberapa temannya yang lain punya mimpi atau harapan serupa. “Ternyata nggak cuma gw doang yang punya mimpi kayak gini. Bener-bener zaman susah kali ya,” terangnya.

Kalau saya sih belum separah Anton. Jika bener-bener lagi bokek, saya lebih pilih ngacak-ngacak dompet atau lemari. Siapa tahu nemu duit 50-an ribu atau 100 ribu yang nyempil.

Baca juga : Nama Saya Riko

Beberapa kali usaha saya ini membuahkan hasil. Jangankan 100 ribu, nemu 10 ribu aja sudah seneng banget. Lumayan lah buat jajan anak. Ini lebih masuk akal ketimbang mimpi nemu duit ratusan juta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.