Dark/Light Mode

Tahun Baru, SIM Baru

Rabu, 30 Januari 2019 06:28 WIB
Ngopi - Tahun Baru, SIM Baru
Catatan :
ADITYA NUGROHO

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan rintik-rintik mengguyur Cibinong dan sekitarnya dari subuh, Rabu (2/1) lalu. Cuacanya yang dingin enak buat tarik selimut lagi alias tidur. Tapi apa daya saya harus keluar pagi dari rumah.

Hari itu, saya harus pergi ke Polres Kabupaten Bogor buat urus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) C saya yang bakal habis pertengahan bulan ini. Meski masih lama, saya inisiatif buat mengurusnya pada awal bulan.

Baca juga : Tahun Baru 2019 Tanpa Terompet

Alasannya, pasti masih sepi karena orang masih banyak yang liburan sehingga bisa lebih cepat. Selain itu, perpanjangan SIM kali ini tidak seperti biasa karena alamat Kartu Tanda Penduduk (KTP) beda dengan alamat yang ada di SIM. Penyebabnya, saya sudah pindah rumah dari Pamulang ke Cibinong.

Secara otomotis saya harus mutasi SIM. Saya berpikir prosesnya pasti akan ribet dan memakan waktu lama. Minimal dua hari lah. Sebab, harus mencabut berkas SIM saya di Polres yang menerbitkannya. Kemudian berkas itu dibawa ke Polres yang sesuai dengan alamat baru.

Baca juga : Tahun Baru 2019, SBY Nasehati Jokowi & Prabowo

Dalam hati sempat bergumam, kalau harus ambil berkas dulu ke Polres Tangerang jauh juga. Harus berangkat pagi-pagi dari rumah. Tapi, saya langsung teringat sebuah berita soal SIM online.

Tanpa panjang lebar saya langsung ambil ponsel untuk mencarinya di Google. Jreng akhirnya muncul link berita dari salah satu media online nasional tentang Polres Bogor sudah menerapkan SIM online. Di berita itu dijelaskan perpanjangan SIM sudah bisa dilakukan online. Begitu juga mutasi. Jadi tidak perlu cabut berkas lagi.

Baca juga : Trump Kesepian

Dengan modal informasi itu, saya pun bergegas menyalakan motor menuju Polres Kabupaten Bogor meski masih hujan. Posisinya ada di Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor. Tak jauh dari Cibinong City Mall (CCM) dan Stadion Pakan Sari. Sekitar pukul 7.30 WIB, saya sampai di Polres. Meski saya sudah pindah 4 tahunan ke Cibinong, ini pertama kali menginjakan kaki di Polres. Kalau melewati sering. Karena itu, saya sempat kebingungan cari parkirannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.