Dark/Light Mode

Harus Bobol Apa Lagi

Minggu, 31 Mei 2020 08:40 WIB
Ngopi - Harus Bobol Apa Lagi
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesulitan masyarakat di masa pandemi Corona (Covid-19) semakin menjadi-jadi. Misalnya yang dialami para pedagang pasar malam di Kota Tangerang. Padahal biasanya menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri meraup untung besar. 

Bahkan, banyak pedagang saat ini tak bisa berbuat apa-apa dan pasrah sambil berharap aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) disudahi. Pasalnya, mereka tidak memiliki banyak uang untuk menyambung hidup beberapa hari ke depan. 

Baca juga : Toko Kelontong Online

Tabungan sudah dibobol buat Lebaran dan sekarang tak ada lagi yang bisa dibobol karena kantong juga udah jebol,” kata Ajo Munif yang biasa berjualan baju gamis di pasar malam Kota Tangerang. 

Sebenarnya, Ajo Munif sempat nekat berjualan H-4 Lebaran lalu, tapi dagangannya harus digulung paksa Satpol PP dan Pihak Kepolisian. “Padahal waktu itu tak diusir pun pembeli juga sudah jarang, mereka lebih memilih beli sembako ketimbang beli baju baru,” ujarnya. 

Baca juga : Lebaran, Muncul Tukang Mie Ayam Dadakan

Meski Pemkot Tangerang belum memutuskan perpanjangan masa PSBB, Ajo Munif berharap tidak lagi diperpanjang. Selain bisa kembali berjualan, ia ingin sekali bisa pulang ke kampung halamannya di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar). “Kami sudah ikuti anjuran pemerintah, tidak mudik, tapi setidaknya kami bisa berjualan kembali agar bisa menghidupi keluarga di Kota Tangerang ini,” harapnya. 

Ajo Munif juga berharap, pemerintah bisa memahami keinginan masyarakat. Bukan saja ingin tetap sehat, mereka juga ingin bisa tetap hidup dan menghidupi keluarga mereka yang tidak sepenuhnya bisa ditanggung pemerintah. 

Baca juga : Adu Layangan 

“Kami tahu corona berbahaya, tapi tak berpenghasilan juga berbahaya bagi kami warga perantauan. Jangan sampai kami keluar mati di dalam rumah mati juga,” tegasnya.

Edy Burnama, Wartawan Rakyat Merdeka

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.