Dark/Light Mode

Lebih Nyaman Dagang Malam

Sabtu, 5 Desember 2020 07:08 WIB
Ngopi - Lebih Nyaman Dagang Malam
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - ADA pemandangan menarik yang saya perhatikan terkait tempat kerumunan orang, seperti pasar umum atau pasar kaget di masa pandemi Virus Corona ini. Sekarang, pasar dan sejenisnya banyak buka dimalam hari. Bahkan tidak sedikit dari pedagang yang buka sampai pagi.

Sebagai contoh, biasanya pasar ikan di daerah Jatinegara, Jakarta Timur atau pasar kaget di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulo Gadung buka sejak pagi hari hingga men jelang Magrib. Namun sejak pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), para pedagang pilih buka di malam hari dan baru tutup menjelang Subuh.

Baca juga : Takziah Ke Rumah Pakde

Usut punya usut, setelah saya coba bertanya ke beberapa pedagang di Jatinegara, mereka mengaku lebih nyaman berdagang malam hari. Alasannya, karena jarang razia masker.

Tidak hanya itu, sekarang juga mulai terbentuk kebiasaan baru, di ma na para pembeli baru datang ke pasar untuk sekedar melihatlihat atau membeli hewan peliharaan di malam hari.

Baca juga : Gotong Royong Bantu Tetangga Positif Corona

Alasan konsumen, mereka seharian sibuk work from home alias bekerja di rumah, yang terkadang waktunya lebih lama dari Jumat atau Sabtu,” kata Sutris, pedagang hewan kelinci di pasar Jatinegara.

Terkait omzet, pedagang mengaku kalau pasar malam jauh lebih ramai di bandingkan pasar di pagi hari. Sutris menyebut, kalau malam hari konsumen benar-benar datang untuk berbelanja.

Baca juga : Menanti Mandok Hata

“Kalau siang hari, kebanyakan hanya lihatlihat atau tanyatanya aja. Nggak beli,” tegasnya. [Novalliandy/Reporter Rakyat Merdeka]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.