Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dari Hobi Jadi Peluang Usaha

Rabu, 16 Desember 2020 05:28 WIB
Ngopi - Dari Hobi Jadi Peluang Usaha
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjalankan hobi, ternyata tak hanya membuat orang yang melakukannya merasa senang. Lebih dari itu, hobi juga bisa menjadi inspirasi bisnis yang berpotensi menghasilkan cuan alias untung.

Itulah yang saya alami. Dari yang tadinya hobi memelihara tanaman hias, akhirnya saya menangkap menjadi peluang usaha. Mengusung nama Kawesome “Sindang Hayu Tropics”, saya beranikan diri menjual aneka tanaman.

Sejak lama, memang saya memiliki ketertarikan pada aneka jenis tanaman berwarna hijau. Barulah, ketika era pandemi ini merasa ingin mencoba merawat aneka indoor plant yang saya tempatkan di dalam rumah.

Baca juga : Ngarep Sembako, Eh Malah Dapat Masker...

Karena saking sukanya, saya sering banget share video dan foto tanaman saya ke Instagram. Iseng-iseng aja, dan ternyata followers saya banyak yang suka dan tertarik sama jenis tanaman yang saya bagikan.

Dari situlah, saya melihat ada peluang dari hobi yang saya lakoni. Saya mulai memutuskan berjualan itu di awal bulan September lalu. Sekarang itu trennya juga anak muda, ibu-ibu, bapak-bapak lagi sering merawat tanaman, jadi sasarannya keluarga secara keseluruhan.

Saya fokus menjual aneka jenis tanaman khususnya indoor plant yang memang diperuntukkan di dalam ruangan. Jenis tanaman indoor plant ini menurut saya bisa menjadi solusi menanam yang praktis, karena bentuknya yang kecil jadi nggak akan menghabiskan ruang.

Baca juga : Rp 1,4 Juta Untuk Vaksin PCV Dan Flu

Ini juga bisa jadi pilihan buat orang yang pengen nyoba merawat tanaman tapi nggak mau ribet, karena perawatannya mudah.

Semoga bisnis ini tidak sekadar mencoba, tapi berkelanjutan. Karena itu, dari sekarang saya mencoba membangun komunikasi yang intens untuk menciptakan kedekatan dengan para pelanggan.

Saya juga siap ganti rugi ketika ada kecacatan dan kesalahan dalam pembelian. Ini diterima ketika pelanggan melaporkan dalam rentang tiga hari setelah pembelian. Ke depannya, saya berharap bisa menambah varian untuk bisa semakin berkembang besar. [Hendrawan K. Wijaya/Wartawan Rakyat Merdeka]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.