Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Syarief Hasan: Latihan Bersama Asean-Rusia Sebar Pesan Perdamaian

Rabu, 8 Desember 2021 22:00 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengapresiasi dan mendukung latihan bersama armada laut Asean dan Rusia (ARNEX) yang dipusatkan di selat Malaka pada 1 hingga 3 Desember 2021.

Latihan bersama ini menjadi penting guna menguatkan solidaritas, kesepahaman, dan koordinasi maritim antara angkatan laut negara-negara Asean dan Rusia. Latihan ini menjadi semakin penting mengingat eskalasi geopolitik di kawasan pasifik semakin meruncing sehingga diharapkan dengan terjadi kesepahaman kolektif dalam menjaga kebebasan navigasi.

Baca juga : 200 Prajurit TNI Ikut Latihan Bersama Di Australia, Ada Yang Belum Pernah Naik Pesawat

"Saya mendukung latihan bersama angkatan laut Asean dan Rusia dilaksanakan secara berkala agar terdapat solidaritas dan kesepahaman kolektif. Rusia adalah mitra strategis Asean yang diharapkan dapat membantu menciptakan stabilitas dan perdamaian di kawasan Asean, terlebih dengan eskalasi geopolitik yang semakin meruncing akhir-akhir ini. Kita tentu mendukung kebebasan navigasi untuk kepentingan bersama," ungkap Anggota Komisi Pertahanan DPR ini dalam keterangannya, Rabu (8/12).

Lebih lanjut Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mengungkapkan, Rusia adalah salah satu negara dengan militer yang kuat. Sehingga dengan adanya latihan bersama ini, diharapkan juga terjadi pertukaran gagasan, teknik, dan strategi memperkuat angakatan laut Asean, terutama bagi Indonesia yang sebagian besar wilayahnya berupa laut.

Baca juga : Pasar Indonesia Meriahkan Pretoria Seharian Penuh

Karena itu, latihan bersama ini bagi Indonesia memiliki arti yang sangat penting. Latihan bersama dan kemitraan strategis maritim ini sangatlah strategis.

"Jika kita perhatikan, banyak kasus pencurian sumber daya kelautan dan klaim sepihak perairan Indonesia oleh negara lain, ARNEX ini patut dilaksanakan secara berkala," sarannya.

Baca juga : Quartararo: Ducati Bakal Jadi Pesaing Terberat

Dalam konteks geostrategis, Syarief menilai, kemitraan ini akan semakin membuat Indonesia dan negara-negara Asean menjadi kawasan yang memiliki bobot yang tinggi di dalam percaturan politik internasional.

"Saya meyakini kunci dari memperkuat ketahanan nasional adalah membangun kemitraan dengan banyak pihak, termasuk dalam hal ini Rusia sebagai salah satu negara yang punya tradisi dan kekuatan militer yang teruji oleh sejarah. Tentu semua ini dilakukan dalam kerangka membangun perdamaian kawasan dan dunia. Dengan demikian, setiap negara dapat saling menghormati kedaulatan masing-masing," tutup Syarief. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.