Dark/Light Mode

Tingkatkan Ketahanan Pangan

Industri Mamin Kudu Bantu UMKM & Petani Naik Kelas

Selasa, 28 Desember 2021 07:00 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (dua kanan) saat menghadiri uji coba operasional pabrik PT. Chateraise Indonesia Manufacturing, di Citeureup, Bogor, Senin (27/12/2021). (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (dua kanan) saat menghadiri uji coba operasional pabrik PT. Chateraise Indonesia Manufacturing, di Citeureup, Bogor, Senin (27/12/2021). (Foto: Khairizal Anwar/RM)

 Sebelumnya 
Namun untuk tahun 2022, menurut Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), prospeknya akan jauh lebih baik, diperkirakan bisa tumbuh sampai 5 persen.

Tanda-tanda pertumbuhan membaik itu sudah terlihat. Hal ini bisa dilihat pada meningkatnya ekspor industri ini yang menurut Kementerian Perindustrian mencapai 52 persen sepanjang Januari-September 2021 dengan nilai 32,51 miliar dolar AS. Sehingga neraca perdagangannya surplus 22,38 miliar dolar AS.

Baca juga : Bisnis Industri Minuman Sari Buah Masih Manis

Gobel juga memuji perusahaan Jepang yang memproduksi makanan dan minuman premium, Chateraise, yang membuka pabriknya di Indonesia. Pada awalnya, PT Chateraise Gobel Indonesia semua produk langsung didatangkan dari Jepang.

Selanjutnya, sebagai produsen, Chateraise diminta memberdayakan bahan baku makanan dari Indonesia yang tentunya akan disertai dukungan riset dan inovasi serta pembinaan kepada para petani agar diper­oleh kualitas dengan standar tinggi.

Baca juga : Gobel Minta Industri Mamin Perkuat Nilai Tambah Petani-UMKM

“Kami bersyukur, kini Chateraise sudah membuka pabrik di Indonesia. Saya minta kerja sama dengan petani, peternak dan UMKM terus ditingkatkan. Sekaligus alih teknologi dalam memproduksi bahan makanan dan minuman bernilai tambah tinggi atau premium,” kata Gobel.

Melihat prospek kerja sama tersebut, Gobel optimistis akan banyak keuntungan yang bisa diraih melalui pengalihan teknologi makanan dari perusahaan Jepang ini. Tidak hanya potensi pasarnya yang besar di dalam negeri, industri mamin juga berpotensi ekspor. Indonesia bisa menjadi basis produksi ekspor produk Chateraise. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.