Dark/Light Mode

Putaran Uang Berobat Ke Luar Negeri Rp 97 Triliun

RS Internasional Di Bali Akan Selamatkan Devisa Negara

Jumat, 7 Januari 2022 07:10 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)

 Sebelumnya 
Ketua ke-20 DPR ini menjelaskan, Universitas Udayana telah menyiapkan lahan seluas 6,3 hektare di kawasan kampus Universitas Udayana di Bukit Jimbaran, dekat kawasan Garuda Wisnu Kencana. Kawasan itu merupakan salah satu pusat industri pariwisata dan pendidikan di Bali. Lokasinya sangat strategis karena dekat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, serta kawasan ITDC.

Pengalaman Universitas Udayana dalam mengelola rumah sakit pun, lanjutnya, tidak perlu diragukan. Mereka telah memiliki Rumah Sakit dengan beranekaragam layanan poli.

Baca juga : Sigit Minta Vaksinasi Dikebut Dan Pengawasan Pintu Masuk Negara Diperketat

“Di antaranya, Poli Spesialis Bedah, Poli Spesialis Penyakit Dalam, Poli Spesialis Saraf, serta IGD 24 Jam, ICU, Rawat Inap VVIP, VIP, dan Kelas I, II, III, PICU, NICU,dan berbagai instalasi penunjang lainnya,” jelas Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, Universitas Udayana tinggal mengembangkan berbagai layanan penunjang medical tourism yang dibutuhkan masyarakat internasional. Seperti, Pain Clinic (interventional pain management), Aesthetika (kulit, bedah plastik, orthopedi, gigi), Haemodialisis Executive, Neuro Interventional, Kardiovaskuler Interventional, Transplantasi Ginjal, Cancer Center, dan Research Center.

Baca juga : Groundbreaking RS Internasional Di Bali, Jokowi Minta WNI Tak Berobat Ke Luar Negeri

Selain itu, rumah sakit ini akan ditunjang dengan Diagnostic Center, Emergency Call Udayana (ECU), Air Ambulance (helicopter, drone; Ehang). Juga ada Rehabilitation Medic Center, Traditional and herbal medicine, terapi holistik (yoga dan lain­nya), Pusat Ketergantungan Obat (DOCA), hingga Green Hospital 5 Star.

“Rumah Sakit Universitas Udayana siap mendukung Bali sebagai tuan rumah G-20. Karenanya, saya mendorong Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan membantu Rumah Sakit Universitas Udayana melengkapi sarana dan prasarana, agar pelayanan yang diberikan lebih optimal,” tandas Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan, dan Pertahanan KADIN Indonesia ini. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.