Dark/Light Mode

Putaran Uang Berobat Ke Luar Negeri Rp 97 Triliun

RS Internasional Di Bali Akan Selamatkan Devisa Negara

Jumat, 7 Januari 2022 07:10 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung rencana pembangunan Bali Udayana International Hospital sebagai rumah sakit internasional kosmetik dan estetika.

Kehadiran dua rumah sakit internasional diyakini akan mengukuhkan Bali sebagai center for medical tourism di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Baca juga : Sigit Minta Vaksinasi Dikebut Dan Pengawasan Pintu Masuk Negara Diperketat

Bambang Soesatyo menjelaskan, pembangunan Bali Udayana International Hospital digagas Universitas Udayana bekerja sama dengan Rumah Sakit Internasional Korea CHA BIOTECH CO, LTD dan ID Hospital.

“Kehadirannya akan melengkapi pembangunan Rumah Sakit Internasional Bali yang peletakan batu pertamanya telah dilakukan Presiden Joko Widodo pada Desember 2020 lalu,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, usai berkunjung ke Rumah Sakit Universitas Udayana di Jimbaran Uluwatu, Bali, kemarin.

Baca juga : Groundbreaking RS Internasional Di Bali, Jokowi Minta WNI Tak Berobat Ke Luar Negeri

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, urai dia, sebanyak 2 juta Warga Negara Indonesia (WNI) pergi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan setiap tahunnya. Mereka pergi ke sejumlah negara, seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan hingga Amerika Serikat (AS), dengan perputaran uang mencapai Rp 97 triliun.

Daripada terus berobat ke luar negeri, lanjut Bamsoet, termasuk operasi plastik, lebih baik Pemerintah menyediakan rumah sakit internasional di dalam negeri. Sehingga, masyarakat tak perlu jauh pergi ke luar negeri.

Baca juga : Daripada Ke Luar Negeri, Lalu Karantina Lebih Baik Di Dalam Negeri Aja Deh

“Perputaran uang bisa terjadi di dalam negeri. Kemampuan tenaga medis kita juga mening­kat melalui sharing pengetahuan dan teknologi dengan mitra rumah sakit internasional yang diajak bekerja sama,” harap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.