Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Melani Suharli: BUMN Punya Peran Penting Dalam Pemberdayaan Umat

Minggu, 9 Januari 2022 18:40 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli dalam acara sosialisasi BUMN dengan tema Peran BUMN Dalam Pemberdayaan Umat, di Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli dalam acara sosialisasi BUMN dengan tema Peran BUMN Dalam Pemberdayaan Umat, di Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli membuka acara sosialisasi BUMN dengan tema "Peran BUMN Dalam Pemberdayaan Umat", di Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1).

Melani mengungkapkan, saat ini, Kementerian BUMN menjalin kolaborasi dengan semua pihak. Tak terkecuali organisasi keagamaan. "Kolaborasi dengan organisasi-organisasi milik umat diyakini dapat mengakselerasi tumbuhnya perekonomian," ujar Melani. 

Sebab, organisasi keagamaan yang menaungi umat, memiliki dukungan kekuatan multisektor. Yaitu kekuatan pemerintah, kekuatan komunitas/masyarakat, kekuatan akademisi, kekuatan dunia usaha dan kekuatan media.

Baca juga : Kemenkop Akui Banyak Aturan Menghambat Kemajuan Koperasi

Mantan Wakil Ketua MPR ini menjelaskan, secara garis besar, ada dua kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN saat ini. Pertama, untuk kembali merawat alam atau sustainability

Sementara yang kedua, merawat manusianya dengan peningkatan kapasitas melalui bantuan pendidikan. Paling tidak, saat ini peran utama BUMN dalam pemberdayaan umat adalah untuk menanamkan AKHLAK, sesuai core value atau nilai dasarnya. AKHLAK sendiri adalah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Oleh karenanya, diingatkan Melani, pembangunan serta pemulihan ekonomi harus diiringi dengan pembangunan manusianya.

Baca juga : Peradi Sayangkan Minimnya Peran Advokat Dalam Pemerintahan

"Dalam kata lain dampak pembangunan adalah menyeluruh. Bukan hanya ekonomi yang bersifat material, tetapi juga pembangunan nonmaterial yang bersifat spiritual, akhlak, sosial dan kebudayaan," tutur Melani.

Kualitas SDM pelaku pembangunan pun sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi umat.Karena itu, pembangunan SDM mutlak diperlukan.

"Di sinilah letak fungsi dan peran BUMN sebagai perpanjangan tangan Negara, harus mampu memetakan semua potensi SDM dan sumber daya alam (SDA) untuk dikelola dengan maksimal, guna menciptakan kesejahteraan," ucap anggota DPR tiga periode ini.

Baca juga : Begini Serunya Menpora Dan Menteri Kabinet Bermain Bulu Tangkis

Melani juga memandang, BUMN merupakan alat efektif untuk mendorong perekonomian umat. "Yaitu dengan mengedukasi masyarakat tentang peran penting ekonomi umat dalam ekonomi nasional," bebernya.

Dia mengungkapkan, jumlah pondok pesantren di Indonesia berjumlah 31.385 dengan jumlah santri sekitar 4,2 juta. Dari jumlah tersebut, 44 persen di antaranya memiliki potensi ekonomi.

"Selama ini ponpes telah mampu mandiri membiayai operasionalnya melalui pemberdayaan ekonomi. Tetapi tetap harus ada perhatian dari pemerintah," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.