Dark/Light Mode

Melani Suharli: BUMN Punya Peran Penting Dalam Pemberdayaan Umat

Minggu, 9 Januari 2022 18:40 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli dalam acara sosialisasi BUMN dengan tema Peran BUMN Dalam Pemberdayaan Umat, di Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli dalam acara sosialisasi BUMN dengan tema Peran BUMN Dalam Pemberdayaan Umat, di Hotel Amos Cozy, Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Demikian juga masjid dan pesantren, yang memiliki potensi ekonomi sangat besar dan bermanfaat bagi umat serta masyarakat luas.

Pemberdayaan ekonomi di lingkungan masjid dan pesantren, serta umat pada umumnya dapat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan, pendampingan, inkubasi, dan dukungan teknis serta akses permodalan. Bisnis yang dijalankan oleh masjid, pesantren dan umat perlu menyesuaikan dengan potensi dan segmentasi pasar.

"Saya meyakini, kewirausahaan yang dilakukan oleh umat, berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya ekonomi umat yang kokoh," tegas Melani.

Baca juga : Kemenkop Akui Banyak Aturan Menghambat Kemajuan Koperasi

Ditambahkannya, BUMN juga berperan dalam membangun sinergi. Yaitu dengan mensosialisasikan sinergi antara BUMN dengan berbagai sektor. Terutama, sektor keagamaan.

Sebab itu, dalam konteks membangun ekonomi umat yang kuat dan memberi manfaat bagi banyak orang, maka patut terus didorong agar perusahaan BUMN juga memberi manfaat bagi masyarakat dalam bentuk produk dan inisiatif yang dilakukan perusahaan tersebut.

"Di berbagai daerah misalnya, saya melihat berbagai perusahaan BUMN bersinergi dengan berbagai lapisan di masyarakat," ungkap Melani.

Baca juga : Peradi Sayangkan Minimnya Peran Advokat Dalam Pemerintahan

Salah satunya, sinergi Pertashop yang dikelola Pertamina dengan ragam latar belakang masyarakat di daerah, desa, dan pondok pesantren.

Kemudian, ada juga BRI Link yang dikelola BRI dan BSI yang berkomitmen memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan bagi UMKM di lingkungan/ekosistem pesantren. Mulai dari agen Bank Pemerintah (BRI Link), modal kerja untuk usaha, termasuk jika ingin membuka usaha Pertashop.

Bantuan BUMN dalam bentuk sarana pendidikan, pelatihan usaha, hingga program pemberdayaan itu terselenggara atas sinergi dengan BUMN. Berbagai bantuan yang disalurkan itu merupakan bentuk dari kepedulian BUMN terhadap umat.

Baca juga : Begini Serunya Menpora Dan Menteri Kabinet Bermain Bulu Tangkis

"Ke depan, saya mendorong agar kolaborasi antara BUMN dalam pemberdayaan umat terus dibangun dan terus diperkuat," harap Melani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.