Dark/Light Mode

MPR Dukung Program Santri Developer NU Circle Bareng BTN

Sabtu, 29 Januari 2022 20:27 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat memberikan sambutan pada peluncuran program Santri Developer Kebangsaan yang digelar atas kerja sama NU Circle dan BTN di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/1). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat memberikan sambutan pada peluncuran program Santri Developer Kebangsaan yang digelar atas kerja sama NU Circle dan BTN di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu dalam proses pembangunan perumahan merupakan langkah yang penting mewujudkan hunian yang mampu menjalankan fungsinya sebagai tempat untuk menanamkan nilai-nilai yang baik di dalam keluarga.

"Bagaimana rumah yang dibangun dengan cara yang sesuai kaidah atau nilai-nilai yang berlaku menjadi hunian yang nyaman, sesuai tata kelola yang benar," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat memberikan sambutan pada peluncuran program Santri Developer Kebangsaan yang digelar atas kerja sama NU Circle dan Bank Tabungan Negara di Pondok Pesantren KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/1).

Hadir dalam acara tersebut antara lain KH. Mustofa Aqil Siroj (Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek), KH. Zainut Tauhid Sa'adi,(Wakil Menteri Agama RI), Laksamana Pertama TNI Ian Heryawan, CHRMP (Kadis Bintal TNI AL), Haru Koesmahargyo (Direktur Utama Bank BTN), Lily Khadijah Wahid, Gatot Prio Utomo dan Arsul Sani (NU Circle) dan peserta program Santri Developer Kebangsaan, serta santriawan dan santriwati Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon, Jawa Barat.

Baca juga : Industri Dukung Program Minyak Goreng Murah

Menurut Lestari, agar bisa diterima masyarakat, para developer atau pengembang perumahan harus bisa menginformasikan produk perumahan yang dibangun dengan benar.

Untuk itu, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari, pengembang perumahan perlu memahami disiplin ilmu komunikasi agar pesan yang akan disampaikan diterima dengan baik dan benar oleh masyarakat.

Selain itu, ujar Rerie, para santri calon developer juga harus memahami dengan baik tentang tata kota dan disiplin ilmu planologi, agar rumah yang dibangun tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Baca juga : DPR Dukung Langkah Erick Bersih-bersih BUMN

Karena, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, para developer tidak sekadar membangun rumah, tetapi membangun hunian. Jadi, tambahnya, rumah yang dibangun tidak sekadar unggul dalam penerapan teknologi, tetapi mampu menciptakan kebahagiaan bagi penghuninya yang mampu merefleksikan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.

Menurut Rerie, hunian yang nyaman bukan mewah, tetapi bagaimana lingkungan yang dibangun mampu memberi harapan bagi penghuninya. Sehingga, tegasnya, para developer harus mampu membangun rumah yang penghuninya kelak mampu membangun nilai-nilai yang mampu mengangkat harkat dan martabat keluarga itu, serta mampu menebar manfaat.

Mengutip pesan dari pengembang senior Enggartisto Lukita, Rerie menegaskan, menjadi developer harus dimulai dengan baik dan diakhiri dengan baik. Artinya, sebelum melakukan pembangunan harus dipersiapkan dengan baik, apa yang akan dibangun.

Baca juga : JPH Bisa Sukseskan Program Vaksinasi Booster

"Selesai proses pembangunan para developer juga harus memastikan bahwa rumah yang dibangun adalah rumah yang baik dan nyaman sebagai hunian," pungkasnya.

Sehari sebelumnya, Jumat (28/1), Lestari Moerdijat melakukan ziarah ke makam pendiri Pesantren Buntet, KH. Abdullah Abbas, bersilaturahim dengan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet dan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.