Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gus Jazil Yakin Pemerintah Lebih Berpengalaman Hadapi Gelombang 3

Minggu, 6 Februari 2022 06:12 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (Gus Jazil). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (Gus Jazil). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengajak masyarakat untuk kembali menerapkan Protokol Kesehatan secara disiplin dan ketat. Hal ini diungkapkan terkait kembali memghantamnya pandemi Covid-19 gelombang 3 yang diakui oleh Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono.  

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut varian Omicron yang menyebar pada masa ini lebih cepat menular. Untuk itu, masyarakat perlu melakukan anjuran yang selama ini dikampayekan oleh pemerintah, yakni menggunakan masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi pergerakan.

"Cara seperti ini sudah biasa kita lakukan sejak Covid muncul di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Minggu (6/2).  

Baca juga : Gandeng Pemda, IPDN Gelar Vaksinasi Booster Covid-19

Perilaku masyarakat yang sudah biasa menerapkan prokes perlu terus diperkuat agar rantai penyebaran wabah bisa teratasi. "Masyarakat sudah biasa menggunakan masker di tempat umum, nah hal inilah yang perlu terus dilakukan selama pandemi masih ada," tuturnya.  

Selain menerapkan protokol kesehatan, didorong kebijakan work from home (WFH) diberlakukan kembali. Cara seperti ini menurutnya juga mempunyai andil besar dalam memutus rantai penyebaran. Dengan WFH tidak mengurangi produktivitas kerja dari para karyawan. "Saya tidak pernah mendengar produktifitas menurun dari WFH ini," tuturnya.  

Selain Prokes dan WFH, pemerintah juga dimintanya terus menggencarkan dan memasifkan vaksinasi. Vaksinasi selain bisa menangkal juga meringankan gejala bila seseorang terkena Covid.   

Baca juga : Pemerintah Kurangi Bahan Beton Jelang KTT G20

"Meski muncul gelombang 3, namun diharap masyarakat tidak panik, tapi tetap waspada," ujar pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Diakuinya, dalam menghadapi wabah Covid, pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu, pemerintah sudah banyak mempunyai pengalaman. Saat varian delta menggejala, pemerintah disebut sigap dan siap melayani masyarakat yang terkena penularan.

"Pengalaman yang sudah dimiliki oleh pemerintah dalam menghadapi gelombang sebelumnya menjadi bekal dalam menghadapi gelombang 3," tuturnya.  

Baca juga : KPK-Taspen Jamin Pemenuhan Hak dan Kewajiban Pegawai

Keberhasilan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid menurut Koordinator Nasional Nusantara Mengaji itu mendapat apresiasi dunia. "Ini menunjukan pemerintah mampu mengendalikan Covid. Kemampuan pemerintah dalam menghadapi pandemi harus terus dijaga dan diperkuat," tambahnya.  

Dirinya berharap, gelombang 3 ini bisa terkendali dan segera berlalu sebab selepas gelombang sebelumnya, kehidupan masyarakat mulai kembali bergerak, seperti pembelajaran tatap muka dimulai dan kegiatan perekonomian sudah mulai banyak membuka diri.

"Untuk mempercepat pengendalian Covid, mari kita ikuti petunjuk, imbauan, dan saran dari pemerintah," tegasnya.  [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.