Dark/Light Mode

Kemenhub Gratiskan 54 Ribu Pemudik Ke 40 Kota Tujuan

Jumat, 17 Mei 2019 15:06 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengecek armada bus dan perlengkapannya untuk mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. (Foto: Humas Kemenhub).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengecek armada bus dan perlengkapannya untuk mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. (Foto: Humas Kemenhub).

RM.id  Rakyat Merdeka - Arus mudik lebaran tahun 2019 diperkirakan akan berlangsung aman tanpa kemacetan, karena Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan mudik gratis baik itu melalui bus, kereta api dan kapal laut.

Tercatat 54.000 masyarakat yang sudah mendaftar akan diberangkatkan melalui jalur bus ke 40 kota tujuan.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan program mudik gratis dengan moda bus sudah terisi penuh.

“Terdapat 40 kota tujuan mudik gratis dengan moda bus tahun 2019, sebagian besar ke Pulau Jawa yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Pulau Sumatera,” kata Budi dalam keterangan persnya.

Baca juga : YLKI Ragu Harga Tiket Pesawat Turun

Berikut kota tujuan pemudik ke Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Jawa Barat: Cirebon, Banjarpatoman (via Tasikmalaya dan Ciamis), Kuningan.

Kemudian, Jawa Tengah & DIY: Slawi (vis Tegal), Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap.

Jawa Timur: Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan. Dan Pulau Sumatera ke Provinsi Lampung, Palembang, Padang.

“Sedangkan untuk mudik gratis dengan kapal ro-ro, terdapat 3 rute, yaitu: Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya," ujarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang mengecek armada bus dan perlengkapannya untuk persiapan mudik gratis yang diadakan Kemenhub. (Foto: Humas Kemenhub).

Baca juga : Aman, Pasokan BBM di Jalur Mudik Lintas Jawa

Untuk program mudik gratis dengan moda bus Budi mengatakan Kemenhub menyediakan kuota 54.000 penumpang, dan 3.500 sepeda motor. Sedangkan kuota untuk mudik gratis dengan kapal Ro-ro sebesar 6.000 penumpang dan 3.000 sepeda motor.

“Pemudik akan mendapatkan kaos, topi, menu takjil, makan buka atau sahur," ungkapnya seraya mengatakan bahwa dengan mengikuti program mudik gratis, perjalanan, dijamin selamat, aman, dan nyaman.

Jadawal Pemberangkatan

Budi mengatakan jadwal pemberangkatan mudik gratis untuk sepeda motor ada di 5 tempat, yaitu Kantor Bulog Divre I Jakarta pada hari Kamis, 30 Mei 2019. Kemudian pada hari Jumat, 31 Mei 2019 akan diberangkatkan sepeda motor dari Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Baca juga : Dubes Palestina Puji Pembukaan MTQ Ke-47 Lampung

Sedangkan untuk pemberangkatan penumpang mudik gratis, dipusatkan di Silang Monas Jakarta pada Jumat, 31 Mei 2019 (17.00 WIB) dan Sabtu, 1 Juni 2019 (08.00).

Selain itu juga terdapat titik keberangkatan dari Pakansari Stadium Bogor (Bogor Raya+Depok), Kantor PemkabTangerang (Tangerang Raya), dan Lapangan Summarecon Bekasi (Bekasi Raya) pada Sabtu, 1 Juni 2019 (10.00 WIB).

“Pemudik gratis yang menggunakan kapal Ro-ro akan diberangkatkan serentak pada H-4, Sabtu, 1 Juni 2019. Sementara baliknya, akan diberangkatkan pada H+2, Sabtu, 8 Juni 2019, serentak, dari Semarang, Surabaya dan Lampung," tegasnya.[ADV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.