Dark/Light Mode

Tanggal Pencoblosan Sudah Disepakati

Bye-bye Wacana Tunda Pemilu, Fokus Lagi Pemulihan Ekonomi

Rabu, 2 Maret 2022 07:55 WIB
Anggota Komisi II DPR Andreas Pareira. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi II DPR Andreas Pareira. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
“Ini kan menjadi aneh, menjadi pertanyaan masyarakat apakah ketika Komisi II memutuskan tahapan pemilu tidak diketahui para ketumnya,” urai politisi Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dia menilai, alasan dilakukan penundaan karena aspek ekonomi juga tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, saat ini dan ke depannya, negara tengah berjuang untuk pemulihan ekonomi. Dan salah satu kunci pemulihan ekonomi adalah kepastian regulasi politik.

Baca juga : Pengamat: Wacana Penundaan Pemilu Bergulir, Jokowi Mesti Bersikap

“Sehingga mewacanakan penundaan pemilu ini justru berbahaya bagi kepastian regulasi politik yang akan berdampak bagi pemulihan ekonomi,” jelas Andreas.

Terpisah, Anggota Komisi III DPR Benny K Harman mengatakan, tidak ada alasan kuat bagi Pemerintah dan DPR untuk menyetujui penundaan Pemilu.

Baca juga : Temui Airlangga, Kepala BP2MI Bahas Pemulihan Ekonomi Pekerja Migran

Karena itu, dia bertanya-tanya alasan kontitusi yang bisa memaksa negara untuk menunda Pemilu dua tahun berikutnya. “Tidak ada duit, nggak mungkin. Bangun ibu kota negara duit banyak,” katanya.

Selain itu, lanjut politisi Fraksi Demokrat ini, negara juga dalam keadaan aman. Sama sekali tidak dalam keadaan bahaya atau mengalami kegentingan akibat perang. Karena itu, alasan penundaan Pemilu tidak masuk akal. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.