Dark/Light Mode

Lestari: UMKM, Kunci Kebangkitkan Ekonomi Usai Pandemi

Kamis, 24 Maret 2022 13:49 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi Mengurai Hambatan Usaha Kecil Mikro dan Tantangan Kebangkitan Ekonomi Rakyat Pascapandemi, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (23/3).  (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi Mengurai Hambatan Usaha Kecil Mikro dan Tantangan Kebangkitan Ekonomi Rakyat Pascapandemi, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (23/3).  (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat dijadikan salah satu penggerak kebangkitan ekonomi nasional. Karena itu sejumlah hambatan di sektor UMKM harus segera diatasi agar peluang pertumbuhan ekonomi pascapandemi bisa direalisasikan.

"Pertumbuhan sektor UMKM merupakan bagian penting dalam upaya kita untuk bangkit dari hantaman pandemi lewat pertumbuhan kinerja ekonomi," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Mengurai Hambatan Usaha Kecil Mikro dan Tantangan Kebangkitan Ekonomi Rakyat Pascapandemi, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (23/3).

Baca juga : Erick Thohir: BUMN Adalah Sepertiga Kekuatan Ekonomi Indonesia

Diskusi yang dimoderatori Dr. Irwansyah (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah) itu menghadirkan Wayan Supadno (Pelaku Usaha Pertanian), Zahra Damariva (Pelaku Usaha Digital), Tri Mumpuni (Ketua Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), dan Donny Kris Puriyono (Presiden Komunitas Tangan di Atas (TDA) 2019-2021, owner Malang Strudel).

Selain itu, hadir pula Dr. Dianta A. Sebayang (Ketua Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis LPPM, Universitas Negeri Jakarta) dan Dr. Radityo Fajar Arianto (Direktur Sparklabs Incubation Univ. Pelita Harapan, Pemerhati UMKM) sebagai penanggap.

Baca juga : Tamaris Hydro Jaga Keseimbangan Ekosistem Dalam Pengoperasian Bisnis

Menurut Lestari, hantaman Pandemi Covid-19 menyebabkan para pekerja di sektor formal terdampak dan banyak yang beralih ke sektor UMKM agar mampu menyambung kehidupan.

Fenomena tersebut, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus dimanfaatkan dengan berbagai upaya untuk memberi penguatan kepada pelaku-pelaku UMKM agar usahanya bisa berkelanjutan dan berkembang.

Baca juga : Presiden Kunker Ke Pulau Dewata Usai Nonton MotoGP Mandalika

Sejumlah hambatan dalam permodalan sebagai salah satu langkah untuk pengembangan usaha, ujar Rerie, harus segera dicarikan jalan keluarnya. Apalagi, jelas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, dalam Pasal 33, UUD 1945, mengamanatkan agar kita membangkitkan ekonomi rakyat yang merupakan sistem untuk mewujudkan kedaulatan masyarakat di bidang ekonomi.

Rerie sangat berharap, krisis global Pandemi Covid-19, mampu menjadi titik balik untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi masyarakat Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.