Dark/Light Mode

Pertemuan IPU Hasilkan Komitmen Bereskan Permasalahan Dunia

Jumat, 25 Maret 2022 11:26 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Ist)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani di Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 menekankan beberapa resolusi untuk menjawab tantangan kondisi saat ini. Resolusi pada deklarasi IPU menekankan kembali pentingnya prinsip-prinsip yang tertuang dalam piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta peran parlemen dalam mempromosikan rekonsiliasi, dan stabilitas di wilayah konflik.

“Parlemen, telah menegaskan pentingnya bukan sekadar untuk membuat komitmen, namun melakukan aksi nyata dalam setiap komitmen bersama mengatasi masalah global,” kata Puan pada penutupan IPU di Bali International Convention Centre (BICC) The Westin, Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3).

Baca juga : Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran, Ini Catatan DPR

Cucu proklamator Soekarno itu mengatakan, dunia harus segera melakukan aksi nyata untuk melakukan perubahan. Menurut Puan, langkah kecil akan diikuti dengan langkah-langkah berikutnya yang semakin mendekatkan pada tujuan.

 “Kita harus memastikan semua negara menterjemahkan komitmen menjadi aksi nyata di lapangan. Banyak hal yang berkembang dalam berbagai diskusi dan menjadi komitmen kita bersama,” tegasnya.

Baca juga : Kementan Tawarkan Solusi Perdagangan Pertanian Global

Lebih lanjut, Puan menyinggung penanganan pandemi Covid-19 dan pentingnya keadilan distribusi vaksin. Di IPU, muncul juga dorongan untuk memperkuat kesiapan setiap negara untuk menghadapi pandemi di masa depan.

Ada juga perhatian terhadap proses pemulihan ekonomi yang perlu dilakukan dengan seimbang antara negara maju dan berkembang. “Kita juga membahas isu korupsi yang menekankan peran parlemen dalam memperkuat legislatif untuk mempersempit ruang gerak koruptor,” ucap dia.

Baca juga : Ketua Infokom MUI: Anak Jalanan Perlu Sentuhan & Pembinaan

Ketua DPP PDIP itu pun memastikan Senayan akan terus berkomitmen mengadopsi produk dari IPU. Termasuk Deklarasi Nusa Dua, yang namanya diambil dari lokasi IPU digelar.

“DPR RI akan memastikan komitmen ini tidak akan berakhir menjadi hanya sebatas dokumen. DPR berkomitmen untuk memastikan dukungan nyata mengatasi perubahan iklim di Indonesia dan dunia,” tutupnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.