Dark/Light Mode

Ingat Sipadan-Ligitan

Daerah Perbatasan Butuh Perhatian Lho

Jumat, 1 April 2022 07:50 WIB
Wakil Ketua DPD Mahyudin. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPD Mahyudin. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara wilayah tetangga mereka, di tanah yang sama dan berdekatan di Malaysia punya kawasan ekonomis, perkebunan kelapa sawit, bahkan pabrik CPO (Crude Palm Oil).

“Mohon agar hal ini segera menjadi prioritas bagi Kementerian Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR),” harap Mahyudin.

Kendati begitu, kata Mahyudin, bukan berarti dirinya menyarankan agar seluruh hutan lindung dialihfungsikan. Semua orang harus melihat fakta bahwa ada rakyat Indonesia yang butuh tempat untuk tinggal, hidup dan berusaha.

Diketahui, Kecamatan Krayan di Kabupaten Nunukan yang berbatasan langsung dengan Malaysia itu kondisinya memprihatinkan. Mereka terisolir bahkan dari kecamatan dan kabupaten lain di Kalimantan Utara, karena keterbatasan infrastruktur dan jalur komunikasi maupun jaringan kelistrikan.

Menurut Data Kementerian ESDM, 306 desa di Provinsi Kalimantan Utara belum menikmati aliran listrik, sebagian besarnya berada di Kecamatan Krayan. Rasio elektrifikasi provinsi termuda di Indonesia itu baru mencapai 68,94 persen.

Kabupaten Nunukan merupakan daerah dengan rasio desa terlistriki paling rendah (25,83 persen) dan rasio elektrifikasi baru mencapai 58,34 persen. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Lainnya