Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemajuan Pendidikan Perlu Diimbangi Penguatan Karakter Bangsa

Kamis, 7 April 2022 11:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sementara itu, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menuturkan, pada awal tahun 2022, pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta orang atau naik 2,1 juta orang dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka ini akan meningkat dari tahun ke tahun.

"Namun masifnya penggunaan internet di Indonesia harus kita akui membawa serta berbagai risiko seperti penipuan online, bulliying hoax dan konten-konten negatif lainnya," bebernya.

Baca juga : Kemenperin Digitaliasi Industri Pengolahan Susu  

Oleh sebab itu, penggunaan internet perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak dan tepat guna.

Survei nasional literasi digital Indonesia menyebutkan angka literasi digital Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 yang artinya masih kategori sedang, belum katageri baik. Angka ini perlu untuk terus ditingkatkan.

Baca juga : Inovatif dan Peduli Lingkungan, Sharp Raih 6 Penghargaan Bergengsi

Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menjelaskan perkembangan internet tahun demi tahun semakin mengalami peningkatan yang pesat, hal ini juga disebabkan karena kebutuhan manusia yang terus meningkat.

Di bidang pendidikan, katanya, penggunaan internet menjadi salah satu faktor penting yang membantu dalam proses belajar dan pembelajaran.

Baca juga : Ketua DPR : Lindungi Nelayan Kecil Dari Kapal-Kapal Besar

Pengguna internet bisa mengakses dan mendapatkan berbagai informasi terkait dengan kurikulum, modul, artikel, jurnal, referensi penunjang, pengetahuan umum, dan lain sebagainya. Kebutuhan ini secara cepat dan praktis bisa ditemukan di internet.

Trainer dan Praktisi Pengembangan SDM Teguh Yuwono menjelaskan teknologi telah masuk dalam dataran budaya. Dia bilang di era serba digital seperti sekarang, secara substansial manusia hampir dipastikan, tidak dapat hidup tanpa teknologi. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.