Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Akhirnya Disahkan, Gus Muhaimin Jempolin Pejuang RUU TPKS

Rabu, 13 April 2022 08:51 WIB
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi gerak cepat para pejuang Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) dan juga sejumlah legislator yang turut membantu mengawalnya hingga resmi disetujui dan disahkan menjadi undang-undang (UU) pada Rapat Paripurna DPR ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (12/4).

"Saya pribadi dan juga kita semua tentu saja bersyukur RUU TPKS sudah disahkan. Ini berkat kerja keras dan juga pengawalan dari berbagai pihak terutama kaum perempuan yang ingin mendapatkan perlindungan dari segala macam bentuk kekerasan seksual," ujar Gus Muhaimin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/4).

Baca juga : Alhamdulilah, 2 Simpatisan Teroris Papua Kembali Peluk Merah Putih

Pimpinan DPR Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu menyebut persetujuan RUU TPKS ini merupakan hadiah bagi para perempuan dan juga rakyat Indonesia secara umum.

"RUU ini merupakan hasil kerja sama dan komitmen kita bersama bahwa kekerasan dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan, apapun dalihnya tetap tidak boleh, apalagi menyangkut seksualitas," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Baca juga : KAGUM Klaten Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Presiden 2024

Adanya UU TPKS ini pun diharapkan dalam implementasinya nanti dapat menyelesaikan kasus-kasus kekerasaan seksual di Indonesia yang saat ini setiap harinya semakin banyak ditemukan.

"Ya tentu implementasinya harus bagus, kita kawal bersama agar bagaimanapun kekerasan seksual harus dihentikan," ujar Gus Muhaimin.

Baca juga : Gus Muhaimin Yakin Indonesia Mandiri Protein dan Karbohidrat

Pengesahan RUU TPKS ini menurutnya merupakan pencapaian luar biasa. UU TPKS ini menjadi bukti hasil dari perjuangan panjang masyarakat bersama DPR RI yang selama ini berjuang untuk menghadirkan instrumen hukum yang komprehensif dan berperspektif korban dalam menangani kekerasan seksual.

“Proses dialog yang panjang terjadi tidak hanya di dalam ruang sidang antara DPR RI dan Pemerintah. Semua terlibat untuk memastikan substansi RUU dapat mengakomodasi berbagai bentuk kekerasan seksual yang dialami korban, khususnya anak,” jelas anggota DPR RI dapil Jawa Timur VIII itu. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.