Dewan Pers

Dark/Light Mode

ASN Di Senayan Antusias Sukseskan MTQ Korpri Setjen DPR

Jumat, 22 April 2022 14:35 WIB
Penutupan MTQ Korpri Setjen DPR. (Foto: Istimewa)
Penutupan MTQ Korpri Setjen DPR. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mengisi Ramadan yang penuh berkah, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Masjid Baiturrahman, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Ketua Korpri Setjen DPR Djaka Dwi Winarko bersyukur melihat antusiasme Aparatur sipil Negara (ASN) di Lingkungan Setjen DPR menyukseskan MTQ Korpri Setjen DPR itu.

“Korpri bekerja sama dengan DKM Masjid Baiturrahman didukung sepenuhnya Sekretariat Jenderal bisa melaksanakan MTQ yang pertama, dengan beberapa lomba salah seperti tartil, kaligrafi, ceramah, dan Adzan. Kami bersyukur acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan terbilang sukses. Itu terlihat dari antusiasme pegawai dalam mengikuti lomba MTQ ini. Sebanyak 94 peserta hadir, itu pun karena dibatasi. Mungkin kalau tidak dibatasi, bisa lebih banyak lagi,” ujar Djaka usai penutupan dan pengumuman pemenang MTQ Korpri Setjen DPR, di Masjid Baiturrahman DPR, Kamis (21/4).

Berita Terkait : BNPT Apresiasi Peran Lapas Sukseskan Program Deradikalisasi

Djaka menjelaskan, salah satu tujuan dari penyelenggaraan ini adalah memberikan forum, memberikan fasilitas, tempat untuk mengekspresikan ASN Setjen DPR dalam belajar memahami Al-Qur’an. Dia menjelaskan, basis dari semua kehidupan ini ada dalam Al-Qur’an.

Kepala Pusat Teknologi Informasi DPR ini melanjutkan, di hari-hari biasa di luar Ramadan, Korpri DPR pun rutin menggelar berbagai kegiatan keagamaan dan pengajian. Ajang MTQ ini menjadi puncak pelatihan selama ini dalam mengenal dan memperdalam Al-Qur’an.

Berita Terkait : Kapolri Dapat Wanginya

Meski demikian, pihaknya tidak ingin ajang ini hanya sebatas selesai di formalitas lomba MTQ, tanpa ada kelanjutan. Ia berharap, setelah ini, dalam kehidupan sehari-hari ASN juga dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an, baik di kehidupan sosial maupun dengan teman sejawat.

“Yang lebih penting lagi bagaimana kita mengisi kehidupan sampai Ramadan berikutnya lagi. Kita tidak ingin menjadi bagian dari umat yang merugi, bahwa hari ini tidak lebih baik dari kemarin, bahwa hari esok tidak lebih baik dari hari ini,” pungkasnya.

Berita Terkait : GERMAK Dukung Upaya Menperin Sukseskan Program Minyak Goreng Subsidi

Dalam lomba MTQ tersebut, pemenang pertama Tartil Qur'an Putra diraih Rahmat Kamaruddin. Untuk pemenang terbaik pertama Tartil Qur'an Putri diraih Raihan Ulusyur. Sedangkan Dai terbaik pertama dimenangkan Lasmandi Iswondo dan Daiyah terbaik oleh Rastri Paramitha.

Sementara, pemenang Adzan terbaik pertama dimenangkan Muhammad Basiludin. Lalu, pemenang lomba Doa terbaik pertama putra diraih Anto Gusnanto dan pemenang lomba Doa terbaik pertama putri Ade Nurul Aida. Kemudian, pemenang pertama Lomba Kaligrafi diraih Abdul Cholid. [USU]