Dark/Light Mode

Kasus Hepatitis Akut Melanda Dunia

DPR: Ayo Antisipasi, Tetapkan Protokol Penanganan Pasien

Selasa, 10 Mei 2022 07:50 WIB
Ilustrasi Hepatitis. (Foto: iStockphoto/jarun011)
Ilustrasi Hepatitis. (Foto: iStockphoto/jarun011)

 Sebelumnya 
“Ini penting dilakukan agar kita tidak salah langkah mengantisipasi penyebaran hepatitis misterius yang sudah menyerang banyak negara ini,” kata Netty dalam keterangannya, kemarin.

Selain itu, politikus PKS ini meminta Pemerintah memberikan informasi yang jelas pada masyarakat terkait penyakit tersebut. Edukasi ini diperlukan agar masyarakat tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga : Ini 3 Kriteria Hepatitis Akut Berat, Terpenting Harus Ada Hasil Lab Negatif Virus A-E

Penjelasan gamblang, kata dia, harus diberikan pada masyarakat agar seluruh elemen bangsa menjadi bagian dari upaya pencegahan penyebaran penyakit tersebut. Informasikan juga peta penyebaran kasus, upaya yang dilakukan pemerintah dan kesiapan sistem kesehatan.

Netty mengingatkan adanya informasi hoax tentang penyakit hepatitis ini. Hal itu dapat memicu kepanikan di tengah masyarakat.

Baca juga : Was-was Hepatitis Akut, Ini Pencegahannya

“Informasi hubungan penyakit ini dengan vaksin Covid-19 yang cukup ramai diperbincangkan,” kata dia.

Tak lupa, dia mendesak Pemerintah segera menyiapkan fasilitas serta tenaga kesehatan sebagai langkah siaga dan antisipatif.

Baca juga : KSP: Hadapi Hepatitis Akut Misterius, Pemerintah Investigasi Epidemiologi & Tingkatkan Kewaspadaan Dini

“Kita tidak berharap kasus hepatitis misterius ini semakin meningkat,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pada 1 Mei 2022, WHO mengumumkan Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait adanya 228 kasus hepatitis yang terjadi di 20 negara. WHO dan banyak negara masih melakukan investigasi terhadap penyebab dan perkembangan penyakit hepatitis misterius tersebut. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.