Dewan Pers

Dark/Light Mode

Lestari: Tingkatkan Prestasi Olahraga, Benahi Tata Kelola Pembinaan

Minggu, 22 Mei 2022 18:56 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebanggaan terhadap supremasi olahraga nasional di kancah regional mampu meningkatkan pemahaman kita terhadap nilai-nilai kebangsaan.

Pembinaan di setiap cabang olahraga harus konsisten dan terukur agar menghasilkan atlet- atlet yang unggul.

"Bidang olahraga mampu menghidupkan kembali semangat keindonesiaan kita untuk membantu negeri ini bangkit dari keterpurukan. Karena itu penting untuk mencetak atlet-atlet unggul di berbagai cabang olahraga agar mampu tampil membanggakan saat berlaga di ajang internasional," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/5).

Berita Terkait : Pastikan Lalu Lintas Sapi Antar Area Aman, Mentan Turun Ke Lapangan

Target 72 medali emas dari Pemerintah pada ajang SEA Games 2021 Vietnam sampai dengan Minggu (22/5) ini, belum tercapai. Posisi kontigen Indonesia di peringkat tiga pengumpul medali emas terbanyak di ajang yang sama harus  dipertahankan.

Menurut Lestari, bidang olahraga nasional harus mampu menerapkan sistem pembinaan yang baku, berkelanjutan dan terukur agar selalu mampu mengukir prestasi.

Pembinaan calon-calon atlet nasional sebagai bagian dari regenerasi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus dilakukan sejak dini. Tata kelola pembinaan calon atlet nasional, tambahnya, harus benar-benar mendapat dukungan penuh dari para pemangku kepentingan dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah.

Berita Terkait : Kementan Matangkan Portal Satudata Pertanian

Sehingga putra-putri negeri ini yang berbakat di bidang olahraga, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, tidak ragu lagi untuk berkarier sebagai atlet.

Dengan jaminan tata kelola yang baik dalam pembinaan para calon atlet di tingkat pusat dan daerah, Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, menilai banyaknya potensi olahragawan dan olahragawati yang dimiliki Indonesia dapat segera diangkat.

Besarnya populasi Indonesia yang memiliki lebih dari 278 juta jiwa, tegas Rerie, seharusnya menjadi salah satu keunggulan bangsa ini bila kita mampu menerapkan tata kelola yang baik dalam pembinaan di sektor olahraga nasional.

Berita Terkait : Menteri Basuki Soroti Tata Kelola Organisasi Di Ditjen Perumahan

"Karena dengan jiwa dan raga yang sehat dari anak bangsa, tidak sulit bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang tangguh dan mampu menjawab berbagai tantangan di masa datang," tandasnya. ■