Dark/Light Mode

Gus Falah: Dalam Darah Puan Maharani Mengalir Jiwa Kepemimpinan

Sabtu, 21 Mei 2022 15:48 WIB
Nasyirul Falah Amru alias Gus Falah/Ist
Nasyirul Falah Amru alias Gus Falah/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR Fraksi PDIP Nasyirul Falah Amru atau yang akrab disapa Gus Falah melihat Puan Maharani sebagai sosok yang memiliki darah kepemimpinan. 

Nuansa kepemimpinan itulah yang membentuk pribadi Puan. Gus Falah berpandangan, jiwa kepemimpinan sudah ada sejak lama dalam diri Puan.

“Mbak Puan ini kalau kita lihat secara khusus ya, Kakeknya itu Presiden, Ibunya Presiden, Bapaknya Ketua MPR, dalam pribadi Mbak Puan pasti jiwa kepemimpinan itu sudah mengalir," kata Gus Falah kepada wartawan, Sabtu (21/5).

Beberapa waktu lalu, Puan mengungkap karier politiknya tak mudah. Dia mengamini, ada anggapan bahwa perjalanan hidupnya mulus karena cucu seorang proklamator. Puan menepis. Dia menegaskan ‘tak ada pencapaian tanpa kerja keras’.

Baca juga : Bursa Bakal Capres 2024, Pengamat: Puan Maharani Pemimpin Berkualitas

Gus Falah mengatakan, jiwa kepemimpinan dalam diri Puan tentu juga sudah diasah. 

“Ketika masih muda, senantiasa ngikutin Ibunya (Megawati Soekarnoputri), ngikutin Bapaknya (Taufiq Kiemas), belajar bagaimana cara memimpin organisasi politik yang besar,” tutur Gus Falah. 

Gus Falah yang juga kerap bersama Puan turun ke daerah membeberkan, Puan adalah tipikal orang yang gemar turun ke bawah. 

“Beliau turun di dapilnya Solo Raya, bagian dari salah satu pusat kekuasaan Jawa. Beliau bisa memenangkan pertempuran. Ketika memimpin untuk pertempuran Pilgub Jateng, beliau sebagai komandan lapangan. Ini terasah kembali ketika menjadi ketua fraksi, menteri, menko, kemudian jadi ketua DPR,” beber Gus Falah yang juga Sekretaris Umum Bamusi DPP PDIP ini. 

Baca juga : Masyarakat Jangan Euforia Berlebihan

Gus Falah menyebut, jiwa kepemimpinan Puan sudah terasah. Ketika turun, beliau meresapi apa yang dibutuhkan rakyat, apa yang diderita rakyat,” ujar Gus Falah.

Karena itu, Gus Falah menegaskan, seorang pemimpin tidak bisa dilihat hanya dari angka-angka, tetapi track record. 

“Dengan track record yang terasah, Puan sudah melewati berbagai macam ujian,” tandas legislator dapil Jawa Timur X ini. 

Sebelumnya, Puan dalam postingan di Instagramnya, menekankan meskipun dia cucu sang Proklamator Bung Karno dan anak dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, bukan berarti untuk mencapai karier politiknya tanpa kerja keras alias mengandalkan privilege politik. 

Baca juga : Lawatan Ke Vietnam, Prabowo Kembali Tunjukkan Level Kepemimpinan

"Mungkin banyak yang berpikir saya mencapai posisi sekarang ini dengan mudah, karena menjadi cucu dan anak seorang tokoh dianggap bisa memuluskan jalan. Tapi kenyataannya tidak ada pencapaian tanpa kerja keras," kata Puan, dalam video yang ia posting di akun @puanmaharaniri■.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.