Dark/Light Mode

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Wafat, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel Sampaikan Duka Cita Mendalam

Jumat, 8 Juli 2022 17:18 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (Foto: Instagram)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel menyampaikan duka cita yang mendalam, atas wafatnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, usai ditembak saat kampanye di Prefektur Nara, Jumat (8/7).

“Kami atas nama pribadi, atas nama Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang, dan atas nama Persatuan Alumni dari Jepang menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas wafatnya Shinzo Abe,” kata Gobel, Jumat (8/7).

Pernyataan duka cita itu disampaikan langsung oleh Gobel, melalui telepon kepada Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji.

Baca juga : Tertembak Saat Kampanye Di Nara, Mantan PM Jepang Shinzo Abe Langsung Tak Sadarkan Diri

Gobel memiliki hubungan yang erat dengan Jepang. Tak hanya bersekolah di sana, almarhum ayah Gobel juga memiliki kerja sama bisnis dengan perusahaan Jepang, yang kini diteruskan olehnya.

Gobel juga menjadi Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang (PPIJ) dan Ketua Umum Persatuan Alumni dari Jepang (Persada). Serta pernah menjadi utusan khusus pemerintah Indonesia untuk Jepang.

“Shinzo Abe memiliki peran dan perhatian yang besar, dalam mempererat hubungan Indonesia dan Jepang,” katanya.

Baca juga : Wakil Bupati Sampang Ogah Cerai Di Pilkada

Hal itu dibuktikan dengan kunjungan Abe ke Indonesia, saat menjadi Perdana Menteri, untuk memastikan investasi Jepang dalam mendukung proyek-proyek strategis yang dilakukan pemerintah.

Bahkan, saat Abe mundur dari jabatan Perdana Menteri, Presiden Jokowi mengenang hubungan keduanya melalui cuitan Twitter.

Jokowi menyebut, Abe adalah pemimpin dunia pertama yang ditemuinya.

Baca juga : Yandri Susanto Resmi Jadi Wakil Ketua MPR, Bamsoet Sambut Dengan Hangat

Abe kemudian membalasnya, dengan menggunakan Bahasa Indonesia, dan mengucapkan terima kasih.

“Ini menunjukkan, betapa eratnya relasi kedua negara, dan hangatnya hubungan tersebut,” tutur Gobel. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.