Dark/Light Mode

Jadi Darurat Kesehatan Global

Cegah Cacar Monyet!

Kamis, 28 Juli 2022 07:50 WIB
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Getty Images)
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Getty Images)

 Sebelumnya 
“Jangan sampai kita ketinggalan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi penyakit ini,” ujar Netty dalam keterangannya, kemarin.

Netty mendorong Indonesia yang tahun ini dipercaya sebagai Presidensi G20 menjadi yang terdepan dalam melawan potensi-potensi wabah global seperti cacar monyet. Berikan edukasi kepada masyarakat makhluk apa cacar monyet ini. Bagaimana medium penularan, cara pencegahan dan faktor yang bisa memicu terjangkitnya penyakit cacar monyet.

Baca juga : Imbas Ketidakpastian Global, Beban Industri Pelayaran Makin Berat

Hal ini harus dilakukan agar masyarakat mengerti dan bisa mencegah penyakit tersebut. “Langkah preventif harus lebih diutamakan mengingat masih minimnya sosialisasi mengenai penyakit ini,” kata dia.

Studi yang diterbitkan New England Journal of Medicine memaparkan jika cacar monyet dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi. Maka, Indonesia harus belajar untuk tidak bersikap meremehkan di awal pandemi menjangkiti dunia.

Baca juga : Pemerintah Diminta Siapkan Strategi Pencegahan Cacar Monyet

“Kita harus belajar dari pandemi Covid-19, di mana Indonesia sebagai negara yang belum terjangkit saat itu, bersikap seolah meremehkan sehingga terlambat melakukan antisipasi,” kata dia mengingatkan.

Masyarakat menjadi panik dan baru bertindak setelah ditemukan satu kasus Corona yang kemudian merebak dengan sangat cepat. “Kita lengah dan terlambat lakukan antisipasi,” imbuhnya

Baca juga : Ih Ngeri, Mudah-mudahan Tak Menjangkit Indonesia

Oleh sebab itu, Netty berharap jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama. Lakukan persiapan pencegahan dengan maksimal. “Pemerintah agar lebih waspada karena penyakit cacar monyet muncul seiring naiknya kasus Covid-19 di Tanah Air,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.