Dark/Light Mode

Data Lembaga Negara Bocor

Jangan Kalah Sama Peretas

Kamis, 15 September 2022 07:50 WIB
Hacker Bjorka. (Foto: Istimewa)
Hacker Bjorka. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Nurul, SDM yang baik menjadi daya dukung bagi Pemerintah dalam meningkatkan keamanan digital di lingkungan kementerian dan lembaga. SDM yang ada saat ini sudah cukup bagus, namun tidak ada salahnya untuk melakukan peningkatan.

Terlebih, Indonesia tidak kekurangan anak-anak hebat di bidang IT. “Kita lihat sendiri bagaimana anak-anak muda kita banyak memperoleh prestasi dalam beragam event teknologi internasional,” ungkap legislator dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I itu.

Baca juga : Imin Langsung Parno

Pemerintah, lanjutnya, dapat memperkuat sistem keamanan digital dengan merekrut SDM terlatih dari para pegiat IT yang memiliki idealisme dan kemampuan yang tinggi. Sehingga keterampilan mereka dapat diarahkan sebagai kontribusi kepada Negara.

Selain itu, Nurul mengingatkan semua pihak bahwa serangan siber terhadap keamanan jaringan di lndonesia saat ini semakin masif. Bukan hanya kementerian dan lembaga Negara tapi juga serangan kepada badan usaha yang semakin tinggi.

Baca juga : Banyak Data Bocor, Puan Desak Pemerintah Segera Audit Keamanan Siber

“Jadi perlu adanya upaya strategis dalam menghadapi berbagai ancaman keamanan di ranah digital, utamanya terkait data pribadi,” imbuh Nurul.

DPR terus berkomitmen menciptakan ranah digital yang sehat bagi masyarakat. Apalagi, Indonesia memiliki big data luar biasa yang merupakan aset strategis di dalam bisnis digital.

Baca juga : Jokowi: Semua Negara Sekarang Susah, Urusan BBM Juga Begitu…

“Kami berupaya mempercepat adanya payung hukum yang dapat melindungi informasi dan data pribadi lewat Rancangan Undang-undang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP),” imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.