Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pergantian Wakil Ketua MPR

Bamsoet: Tunggu Kepastian Hukum

Rabu, 21 September 2022 07:50 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menerima berbagai surat, Pimpinan MPR kemudian melakukan kajian hukum oleh Sekretariat Jenderal (Sekjen) MPR. Pimpinan MPR berkesimpulan, usul penggantian Pimpinan MPR dari Unsur DPD, yaitu Fadel Muhammad dengan Tamsil Linrung, saat ini masih terdapat permasalahan hukum.

Dengan itu, kata Bamsoet, Pimpinan MPR mempersilakan DPD menyelesaikan permasalahan hukum atas usul penggantian Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua MPR dari unsur DPD tersebut. Sehingga ada kepastian hukum bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari bagi lembaga MPR.

Baca juga : Ketua MPR: Tunggu Hingga Ada Kepastian Hukum

Menanggapi itu, Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti berang. Kata dia, tugas MPR sekarang hanya melantik Tamsil Linrung karena tidak boleh ada kekosongan di MPR.

“Sejak diputuskan dalam rapat paripurna DPD tanggal 18 agustus, pergantian Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua kepada Tamsil Linrung sudah benar menurut aturan perundangan,” tegas LaNyalla.

Baca juga : Bertemu Yusril, Bamsoet Tegaskan PPHN Butuh Payung Hukum Kuat

Sesuai tatib MPR, kata LaNyalla, Fadel Muhammad sudah ditarik oleh DPD. Dengan penarikan tersebut, otomatis posisi Wakil Ketua MPR yang ditempati Fadel sekarang akan digantikan dengan pejabat yang baru. Karena itu, pimpinan MPR diminta tidak ikut campur terkait usulan pergantian tersebut.

LaNyalla mengaku sudah menghubungi Ketua MPR Bambang Soesatyo dan menjelaskan semuanya. Dia memastikan selama ini hubungan MPR dan DPD berjalan baik.

Baca juga : Kunjungi Bali Zoo, Ketua MPR Ajak Masyarakat Dukung Pelestarian Satwa Liar

“Saya tidak mau ada konflik antarlembaga negara, terutama yang dikaitkan dengan pergantian Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.