Dark/Light Mode

PDIP Gelar FGD, Siapkan Peta Jalan Pembangunan Nasional

Selasa, 18 Oktober 2022 08:36 WIB
FGD Fraksi MPR membahas Peta Jalan Pembangunan di Bogor, Jawa Barat, Senin (17/10). (Foto: Istimewa)
FGD Fraksi MPR membahas Peta Jalan Pembangunan di Bogor, Jawa Barat, Senin (17/10). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu, usulan yang disampaikan oleh Menkumham Yasonna Laoly adalah melakukan revisi terhadap UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang SPPN dan UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang RPJPN.

Penambahan satu Pasal dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang SPPN yang berbunyi MPR Menetapkan PPHN sebagai dasar Perencanaan Pembangunan Nasional. Dan penambahan satu Pasal dalam revisi UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang RPJPN, berbunyi Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang, jangka menengah dan tahunan disusun berdasarkan PPHN yang ditetapkan MPR.

Baca juga : Dear Pogba, Juve Ngarep Banget Kamu Sembuh Nih...

Sedangkan Ketua Bankaji MPR Djarot Saiful Hidayat menjelaskan, bahwa pendekatan PPHN tidak lagi menggunakan pendekatan Ipoleksosbudhankam.

PPHN disusun menggunakan paradigma Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 sebagai kerangka operasional dalam pembangunan nasional harus bertumpu pada aspek pembangunan karakter dan kualitas manusia, pembangunan kelembagaan sosial-politik dan tata kelola pemerintahan, pembangunan ekonomi dan kesejahteraan yang dilaksanakan secara serentak, sinergis dan berkesinambungan.

Baca juga : KSP Pastikan Agenda Pembangunan Tetap Jalan Di Tengah Krisis

Ketua Balitpus PDI Perjuangan telah melakukan telaah mendalam terkait dokumen perencanaan pembangunan nasional. Sonny Keraf menjelaskan, bahwa nomenklatur untuk PPHN adalah Pembangunan Nasional Berdikari (PNB).

PNB adalah dokumen pembangunan selama 20 tahun 2025-2045. Rangkaian pembangunan dinamakan Dasacita. Dasacita sendiri merupakan program-program bertahap. Dengan demikian selama 20 tahun akan terdapat 4 kali Dasacita.

Baca juga : Melani Suharli Ingatkan Pelaku UMKM Pentingnya Izin Usaha Berbasis Resiko

Dari perencenaan pembangunan tersebut diharapkan cita-cita pendiri bangsa untuk menghadirkan kesejahteraan sosial akan lebih cepat tercapai. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.