Dark/Light Mode

Soal Kasus Gagal Ginjal Anak, DPR Minta BPOM Tegas

Kamis, 3 November 2022 14:02 WIB
Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi PDIP, Charles Honoris. (Foto: YouTube)
Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi PDIP, Charles Honoris. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi IX dari Fraksi PDIP, Charles Honoris meminta, kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk lebih tegas dalam menjelaskan kepada publik tentang siapa yang harus bertanggung jawab terkait kasus gagal ginjal anak.

Pertanyaan ini mencuat saat Anggota Komisi IX DPR melakukan rapat kerja Komisi IX bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny K. Lukito, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia, serta IPMG di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11).

"Dari tadi masih belum jelas. Siapa yang bertanggungjawab atas masalah ini? Apakah industri farmasinya? Apakah suppliernya? Harus jelas ini. Lalu, apakah industri farmasinya ada kesengajaan? Apakah suppliernya ada kesengajaan? Ataukah ada kelalaian?" ujar Charles.

Baca juga : TSK-nya Sudah Di Depan Mata

Kepada Kepala BPOM Penny K. Lukito, Charles juga merasa belum mendapat kejelasan tentang bagaimana obat sirup anak yang sudah dapat izin edar BPOM tiba-tiba ditarik dari peredaran karena tercemar etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

"Ibu Penny belum bisa menjelaskan, bagaimana obat yang sudah mendapat izin edar BPOM tiba-tiba tercemar di dalamnya. Kita disini bukan mencari kambing hitam. Tapi kita sedang mencari kebenaran. Saya setuju penegakan hukum harus dijalankan. Tapi objek dan subjeknya harus jelas." lanjut Charles.

Lebih lanjutCharles menegaskan, dirinya meminta kepada BPOM untuk segera memberikan kepastian, apakah industri-industri farmasi yang obat sirupnya bermasalah ini melakukan kecurangan atau di lain pihak, para pemasok dan supplier bahan pelarut etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) ke industri farmasi yang curang.

Baca juga : Aremania Desak Kasus Tragedi Kanjuruhan Dibawa Ke Pengadilan HAM

"Kalau ada kesengajaan di industri farmasi, diproses secara hukum. Kalau ada kecurangan di sisi pemasok, diproses hukum. Ini harus ada yang bertanggungjawab. Saya yakin Gabungan Perusahaan Farmasi memiliki semangat yang sama. Bagaimana menyehatkan rakyat Indonesia. Bagaimana bersama-sama memajukan industri kesehatan di Indonesia. Saya ingin teman-teman ikut proaktif membantu mengungkap proses ini,” tambah Charles.

Di akhir kesempatan, Charles juga meminta asosiasi gabungan farmasi untuk lebih aktif mengedukasi anggotanya dalam hal perlindungan kepada masyarakat dan juga bersama-sama dengan stakeholder lainnya membangun ekosistem kesehatan yang sehat di Indonesia.

"Saya berharap asosiasi farmasi dan anggotanya melindungi masyarakat, bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait. Kita ingin membangun ekosistem sektor yang sehat di Indonesia. Dan saya juga setuju kita lanjutkan rapat ini dengan membentuk Panja dan kalau perlu meneruskan dengan membuat Pansus,” tutup Charles.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.