Dark/Light Mode

Pemerintah Ganti Hewan Ternak Kena PMK

Peternak Semangat Lagi

Senin, 7 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi IV DPR Sutrisno. (Foto: DPR)
Anggota Komisi IV DPR Sutrisno. (Foto: DPR)

 Sebelumnya 
Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Mohammad Arifin Soedjayana menyam­paikan, Jawa Barat merupakan salah satu daerah dengan peng­gantian tertinggi.

Total pengajuan sebanyak 3.173 ekor dengan nilai Rp 31,63 miliar, dengan rincian Sapi/Kerbau sebanyak 3.163 ekor dan kambing atau domba sebanyak 10 ekor.

Baca juga : Permintaan KPR Bakal Naik Daun

Adapun berkas yang sedang dalam proses di Kementan se­banyak 2.650 ekor, sedangkan berkas pengajuan sebanyak 430 ekor masih berada di Dinas Provinsi. Ada juga berkas yang masih dalam proses validasi sebanyak 290 ekor. Terdapat berkas yang sedang dalam perbaikan oleh Pemerintah kabu­paten sebanyak 140 ekor.

“Intinya, Pemerintah Provinsi tidak membatasi jumlah ternak yang ingin diusulkan untuk mendapatkan penggantian asal dokumen lengkap dan sesuai dengan prosedur. Silakan saja kabutapen/kota mengusulkan”, ucapnya.

Baca juga : Kuatkan Pertahanan Semesta Dengan Gerakan Cinta NKRI

Arifin mengungkapkan, saat ini kasus aktif PMK di Provinsi Jawa Barat sebanyak 1.507 kasus atau 2,2 persen dari total populasi. Selain itu juga sudah ada 11 kabupaten/kota yang zero reported case.

Ketua KPSBU Dedi Setiadi menambahkan, kerugian akibat PMK di sapi perah sangat dirasakan para peternak.

Baca juga : Puluhan Ribu Pekerja Kena PHK

“Kami berharap semangat para peternak akan kembali bangkit setelah memperoleh penggantian ternak dari pemerintah,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.