Dark/Light Mode

Generasi Muda Efektif Majukan Bangsa

Ayo, Milenial Masuk Politik

Kamis, 10 November 2022 07:50 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. (Foto: MPR)
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. (Foto: MPR)

 Sebelumnya 
Langkah itu sebagai upaya untuk mengatasi persoalan meningkatnya sikap apatis generasi muda terhadap dunia politik.

“Kurikulum juga perlu mem­pertimbangkan aspek-aspek politik yang bisa menjadi penge­tahuan politik untuk diserap anak-anak didik,” ujar Yanuar dalam keterangannya, kemarin.

Dia menyebut, ada beberapa penyebab munculnya fenomena sikap apolitis di kalangan generasi muda.

Baca juga : Muhammadiyah Putuskan Jaga Jarak Politik Praktis

Pertama, minimnya sosialisasi dan pendidikan politik yang di­lakukan Pemerintah, partai poli­tik (parpol), dan penyelenggara pemilu. Hal itu dapat dilihat dari rendahnya anggaran sosialisasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan penyelenggara pemilu.

Kedua, aspek sistemik yang terlihat dari anak sekolah tidak kenal nama-nama menteri, partai politik. “Itu menunjukkan tidak adanya kesinambungan dalam kurikulum di sekolah,” kata dia.

Ketiga, berubahnya orientasi pandangan generasi muda, yaitu politik menjadi opsi terakhir mereka sebagai pilihan dalam hidupnya.

Baca juga : Lestari: Generasi Muda Harus Aktif Atasi Dampak Perubahan Iklim

Politikus PKB ini menilai, hal yang diminati kalangan generasi milenial adalah gaya hidup, kemapanan, dan kebe­basan sehingga tidak ada yang terkait politik.

Keempat, politik dianggap tidak kompatibel karena ada gap dengan anak muda. Pergeseran tersebut menjadi poin penting, karena ada perbedaan patron klien. Harus ada orientasi patron bagi kalangan milenial sehingga elite politik harus adaptif ter­hadap isu generasi muda yang identik dengan dunia kreatif dan imajinatif.

Kelima, kata dia, saat ini akses informasi yang beredar di masyarakat lebih beragam, sehingga membuat orang bebas memilih mana yang paling di­anggap benar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.