Dark/Light Mode

HNW Konsisten Perjuangkan Anggaran Dan Rekrutmen Guru Agama

Selasa, 22 November 2022 16:40 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini menilai, peningkatan rekrutmen guru agama menjadi semakin dipentingkan. Mengingat banyaknya ketimpangan rekrutmen yang menyiratkan ketidakadilan terbuka, juga bermunculan kasus kenakalan/kejahatan anak-anak yang minim etika dan perilaku, yang secara data di KemenPPPA kasus kekerasan pada/oleh anak juga meningkat tajam pada setiap tahunnya.

Hal tersebut bisa terjadi salah satunya karena dibiarkannya ketidakadilan rekrutmen dan kekurangan guru secara umum dan guru agama secara khusus. Padahal, UUD NRI 1945 memberi amanat kepada Pemerintah untuk menyelenggarakan sistem pendidikan nasional yang menghormati agama.

Baca juga : Rieke Gigih Perjuangkan Data Desa Presisi

Unsur terpenting dari tujuan Pendidikan Nasional adalah nilai-nilai dasar dalam Agama. Yaitu, peningkatan Iman, Taqwa dan Akhlaq Mulia. Itu jelas dan tegas disebutkan dalam pasal 31 ayat 3 dan 5 UUD NRI 1945. Dan komponen penting terwujudnya ketentuan UUD, itu antara lain keberadaan guru-guru Agama dengan terpenuhinya jumlah guru umumnya dan guru agama pada khususnya.

Dan penting ditegaskan lagi, lanjutnya, bahwa UUD NRI 1945 pasal 31 ayat 4 sama sekali tidak menyebutkan boleh adanya diskriminasi anggaran maupun rekrutmen antara guru umum dan guru agama. Konstitusi tertinggi yaitu UUD NRI 1945, kata HNW adalah rujukan Pendidikan. Didalam UUD tidak ada pembedaan antara pendidikan keagamaan dengan non-keagamaan.

Baca juga : HNW Usul Anggaran Moderasi Beragama Dialokasikan Untuk Guru Inpassing

Sehingga kebijakan dan perlakuan oleh para pihak termasuk kementerian terkait, juga tidak boleh melakukan perbedaan dan diskriminasi.

"Karena itu harus ada keadilan baik dalam konteks anggaran maupun rekrutmen bagi guru Agama. Apalagi, guru agama, mempunyai peran penting mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Antara lain, meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.