Dark/Light Mode

Jelaskan Peran PT Adhi Karya dan Waskita Karya Ke Masyarakat

Melani Suharli: Kemitraan BUMN Dan UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 14 Desember 2022 19:41 WIB
Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Melani Leimena Suharli (tengah) dan Anggota DPRD DKI Ali Muhammad Johan dalam acara sosialisasi Peran Kemitraan UMKM BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, di Jakarta. (Foto: Ist)
Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Melani Leimena Suharli (tengah) dan Anggota DPRD DKI Ali Muhammad Johan dalam acara sosialisasi Peran Kemitraan UMKM BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, di Jakarta. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
"Mengoptimalkan portfolio bisnis yang tepat dan terukur, serta menjadi agen pembangunan pemerintah menuju Indonesia maju. Memperluas jaringan bisnis internasional dengan menjadi pemain handal di pasar konstruksi global. Memperhatikan kepedulian sosial dan keseimbangan Llngkungan dalam aktivitas bisnis perusahaan," tambahnya.

Melani menjelaskan, banyak masyarakat Indonesia khususnya pelaku UMKM, belum mengetahui secara mendalam akan peran dan fungsi BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Harus diketahui peran-peran mitra itu apa. Untuk mensosialisasikan program (BUMN) jadi setiap kemitraan (Komisi VI DPR) wajib membantunya," terang Melani.

Dia mengingatkan, saat ini yang dibutuhkan adalah menjadikan UMKM sebagai mitra strategis untuk memperkuat rantai pasok BUMN.

Baca juga : Jubir Sosialisasi: Tak Bebani Sektor Pariwisata Dan Investasi

Jika UMKM menjadi rantai pasok BUMN, maka kelangsungan UMKM dapat terus terjaga. Sehingga kehadiran UMKM di BUMN dapat tumbuh bersama untuk membangun ekonomi Indonesia.

"Ini akan membuat perekonomian nasional tumbuh dan semakin tangguh," tutur Melani.

"Kita harus juga memberi tahu apa itu BUMN, apa itu peranan BUMN, apalagi sekarang semuanya untuk UMKM, di tengah krisis pandemi (Covid-19) saat ini," sambungnya.

Dijelaskannya, BUMN adalah perusahaan yang sepenuhnya dimiliki negara. Fungsi BUMN, adalah untuk menggerakkan roda ekonomi dan sosial, sesuai amanat UU Nomor 19 tahun 2003.

Baca juga : Jasa Raharja Ajak Masyarakat Manfaatkan Pemutihan Pajak

"Sosial itu melalui CSR, seperti bantuan untuk sektor pendidikan, membantu para UMKM, dan lingkungan. Kalau untung, BUMN bisa berikan CSR-nya, jadi BUMN harus untung untuk bisa berikan CSR-nya kepada pihak-pihak yang membutuhkan," lanjutnya.

Selain itu, ditambahkannya, BUMN memiliki peran sebagai lokomotif utama penggerak ekonomi nasional dengan berbagai programnya, yang bisa dinikmati langsung oleh rakyat.

"BUMN merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang sangat penting untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). BUMN juga memiliki andil besar dalam mendukung UMKM. Bantuan yang diberikan bisa berupa dana maupun barang," jelas Melani.

BUMN, jiga merupakan motor penggerak dan memiliki kekuatan sepertiga ekonomi nasional.

Baca juga : Melani Suharli: Olahraga dan Seni Bentuk Cinta Tanah Air, Bisa Satukan Perbedaan

"Komitmen BUMN terhadap UMKM, membuat program Pasar Digital (PaDi) UMKM. Lalu, Komitmen BUMN terhadap tantangan era 4.0. BUMN juga komitmen menyediakan akses dalam ruang karya, termasuk kepada mereka para disabilitas," tutup Melani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.