Dark/Light Mode

Kasus Gagal Ginjal Akut Muncul Lagi, DPR Minta Pemerintah Lakukan Evaluasi

Selasa, 7 Februari 2023 20:54 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Dok. Gerindra)
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Dok. Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan mengumumkan dua kasus baru gangguan ginjal akut pada anak, Senin (6/2). Kasus itu muncul lagi setelah sejak awal Desember 2022 tidak ada pencatatan kasus.

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi IX DPR, yang membidangi masalah kesehatan, memberikan perhatian penuh terhadap kasus gagal ginjal akut anak yang kembali muncul.

Baca juga : Kasus Gagal Ginjal Akut Kembali Renggut Korban Jiwa, Ini Kronologisnya

“Ya kita akan minta kepada komisi teknis, dalam hal ini Komisi IX, untuk mengatensi. Karena ini bukan kejadian yang pertama,” kata Dasco, Jakarta, Selasa (7/2).

Ketua Harian DPP Gerindra ini juga meminta Kementerian Kesehatan untuk menelaah kasus gagal ginjal akut tersebut serta melakukan tindakan nyata supaya kasus ini tidak muncul lagi.

Baca juga : DPR Minta Bikin Pansus

“Kita juga minta kepada Kementerian Kesehatan untuk bersama-sama menelaah dan mempelajari, dan kemudian melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu dan keras menurut saya, supaya hal ini nggak terjadi lagi,” ujarnya.

Dasco memandang, perlu ada evaluasi terhadap upaya-upaya yang sudah dilakukan sebelumnya. Obat-obatan yang menjadi penyebab gagal ginjal akut mesti segera ditarik dari peredaran.

Baca juga : Kapolri Instruksikan Jajarannya Bantu Pemerintah Turunkan Angka Stunting

Dia melanjutkan, perlu tindakan terukur dari Pemerintah supaya kasus gagal ginjal akut tidak terulang lagi. “Karena ini yang sudah beredar di masyarakat itu kan agak susah apalagi di daerah pelosok, untuk itu kita jadikan evaluasi, menjadi satu tindakan terukur dan tegas dalam hal mengantisipasi hal itu supaya nggak terjadi lagi,” pungkas Dasco.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.