Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sosialisasi QRIS di Kampar Riau

Marsiaman Saragih: Biar Tak Ketinggalan, Teknologi Bertransaksi Harus Terus Disosialisasikan

Senin, 6 Maret 2023 12:51 WIB
Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih saat melakukan sosialisasi QRIS kepada masyarakat Kampar, Riau. (Foto: Ist)
Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih saat melakukan sosialisasi QRIS kepada masyarakat Kampar, Riau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih bersama Bank Indonesia (BI) mengadakan sosialisasi tentang sistem pembayaran digital Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

Tujuannya, untuk meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat. Sosalisasi yang digelar kepada 300 warga dari beberapa desa di Kecamatan Tapung Hulu, Kampar, Riau berlangsung meriah.

Ratusan warga sangat antusias menghadiri acara yang bertepatan dengan kegiatan reses DPR ini. Mengawali sambutannya, Marsiaman mengaku rindu dan ingin bertatap muka secara langsung dengan masyarakat Tapung Hulu, Riau.

"Tapi dikarenakan adanya jadwal kunjungan kerja yang bersamaan waktunya sehingga belum dapat hadir langsung ke Tapung Hulu," ujar Marsiaman, dalam keterangan tertulis yang dikirimkan pada Senin (6/3).

Marsiaman mengatakan teknologi semakin maju sangat mempengaruhi cara masyarakat dalam bertransaksi. Karena itu literasi keuangan menjadi hal yang penting bagi semua orang.

Baca juga : Proyek Kereta Cepat Harus Terus Berjalan

Sehingga, ia meminta BI untuk terus mensosialisasikan kemajuan-kemajuan teknologi bertransaksi kepada masyarakat.

"Supaya kita tidak ketinggalan," ucapnya.

Politikus PDIP ini menuturkan bahwa QRIS merupakan salah satu upaya untuk keluar dari kesulitan karena pandemi Covid-19.

Jadi, kata dia, para pedagang pasar tradisional dan kelompok-kelompok usaha mikro penting sekali untuk mengetahui teknologi ini agar tidak tertinggal dari pasar modern dan pasar online.

Oleh karena itu, Legislator asal Riau ini menekankan bahwa sosialisasi dan edukasi seperti ini perlu dilakukan berulang kali dan diperluas jangkauannya sampai masyarakat menjadi paham dan dapat menggunakannya.

Baca juga : Isi Reses DPR, Marsiaman Saragih Ajak Masyarakat Terus Bergotong Royong

Seperti diketahui, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) Riau memperkenalkan QRIS. QRIS adalah penyatuan berbagai macam Quick Response (QR) dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan BI agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Saat ini, QRIS dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, pedagang yang berlogo berlogo QRIS. Merchant (pedagang) hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI.

Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Usai acara, beberapa perwakilan masyarakat menyampaikan terima jasih atas perhatian yang diberikan Marsiaman Saragih.

Baca juga : Sosialisasi 4 Pilar MPR, Bamsoet Ingatkan PP Sebagai Penegak Nilai Pancasila

Sebab, selama ini program kerja wakil rakyat ini menyentuh langsung kebutuhan masyarakat melalui beberapa program seperti, bantuan rumah ibadah, paket sembako selama musim pandemi Covid-19, bantuan modal kerja dan juga pendampingan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Riau.

Selain itu, para peserta sosialisasi juga menitipkan beberapa aspirasi untuk diperjuangkan oleh wakil mereka. Menanggapi aspirasi dari warga, Tenaga Ahli Marsiaman, Hasudungan Hutasoit berjanji akan segera menyampaikan aspirasi tersebut kepada Marsiaman Saragih.

"Pak Marsiaman dengan seluruh jaringannya yang ada di Riau dan Jakarta akan selalu turun langsung untuk menyampaikan program-program yang ada dengan harapan membawa manfaat untuk masyarakat yang ada daerah pemilihan (dapil)," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.