Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pamer Gaya Hidup Hedon

Katanya Krisis, Tapi Pejabatnya Mewah

Rabu, 15 Maret 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus. (Foto: DPR)
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan ikut menyoroti gaya hidup mewah pejabat dan keluarganya yang ramai diperbincangkan warganet. Gaya hidup hedon abdi negara ini dinilai tidak pantas dilakukan.

Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus setuju, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) menindak tegas pejabat di bawahnya yang melanggar kepatutan.

“Abdi negara semestinya bersikap dan berpenampilan sewajarnya dengan menampilkan citra diri yang baik di tengah masayarakat,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : Akademisi Ragu Adanya Kartel Migor, Ini Alasannya

Guspardi lalu menunjuk gaya hidup mewah keluarga Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Jakarta Timur (BPN Jaktim) Sudarman Harjasaputra yang disorot publik. Bisa jadi, banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian ATR/BPN dan di kementerian lainnya melakukan hal yang sama.

Politikus PAN ini menilai, gaya hidup mewah yang dipertontonkan pejabat maupun anggota keluarganya akan membawa citra negatif kepada Kementerian ATR/BPN.

Terlebih, kementerian itu tengah giat-giatnya melakukan inovasi melalui berbagai program pelayanan paripurna kepada masyarakat.

Baca juga : Soal Pemberitaan Gaya Hidup Hedon Salah Satu Pejabat, Kementerian ATR/BPN Telah Ambil Tindakan

Guspardi heran, di tengah ancaman krisis yang melanda banyak negara, tak terkecuali Indonesia, ternyata masih saja ditemukan pejabat bermewah-mewahan. Sedangkan banyak masyarakat di negara ini perlu mendapatkan uluran tangan.

Dia menyebut angka kemiskinan semakin tinggi dengan kondisi perekonomian negara yang belum sepenuhnya pulih pasca pandemi Covid-19.

“Tapi (pejabat) masih nggak peka. Sama sekali tidak punya sense of crisis,” kritiknya.

Baca juga : Paham Lebih Dalam Tentang Aplikasi Percakapan Dan Media Sosial

Legislator asal Sumatera Barat ini bilang, Indonesia dikenal sebagai bangsa yang religius. Sebagai orang beragama, semua orang patut mengingat ancaman Allah dalam Al-Quran Surat Al-Isra ayat 16. Isinya; bahwa Allah tidak segan membinasakan suatu negeri, jika di negeri itu tidak lagi ada rasa keadilan.

“Indikasinya ialah leluasanya orang yang hidup megah nan mewah, dan tidak memiliki kepedulian terhadap keadaan masyarakat sekelilingnya yang kurang beruntung,” kritiknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.