Dark/Light Mode

Besok Ngecek Jalanan Rusak Di Lampung

Jokowi: Banyak Anggaran Daerah Tidak Diarahkan Untuk Infrastruktur

Kamis, 4 Mei 2023 22:01 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan, akan turun langsung ke Lampung pada Jumat (5/5) besok. Untuk mengecek kondisi jalan yang menjadi sarana mobilitas warga, di wilayah tersebut.

"Besok, pagi-pagi benar, saya ingin memastikan. Saya ingin melihat betul, apakah yang ada di video, di media itu benar atau tidak," ujar Jokowi saat meninjau Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis (4/5).

Baca juga : 2 Dokter Teraniaya Di Lampung Barat, Kemenkes Berikan Pendampingan Hukum

Asal tahu saja, belum lama ini, viral kabar tentang jalanan rusak di provinsi yang menjadi pintu gerbang Sumatera viral, setelah Tiktoker asal Lampung yang saat ini kuliah di Australia, Bimo Yudho Saputro curhat di media sosial.

Tak lama, tersiar kabar, jalanan di Lampung langsung diperbaiki. Antara lain di Kabupaten Pringsewu. Apalagi, Jokowi juga diberitakan akan mengunjungi Lampung.

Baca juga : Mensos Minta Rusun Bantuan Pemerintah Tidak Berpindah Tangan

Soal perbaikan jalan yang terkesan ngebut dilakukan menjelang kedatangannya, Jokowi menjawab simpel. "Ya baik dong," ujarnya sambil tersenyum.

"Saat ini, kita sedang mengumpulkan data jalan-jalan kabupaten dan kota jalan-jalan provinsi yang rusak parah. Karena anggaran yang ada di provinsi maupun kabupaten kota, tidak banyak diarahkan kepada pembangunan infrastruktur," beber Jokowi.

Baca juga : Jokowi Resmikan Empat Infrastruktur

Presiden ke-7 RI itu mengingatkan, pembangunan infrastruktur jalan adalah hal yang sangat penting. Karena kondisi jalan yang rusak, apalagi jalan produksi, akan mengganggu pergerakan komoditas. Menghambat mobilitas orang, juga barang.

"Biaya logistik akan naik. Akibatnya, barang di wilayah tersebut tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain, atau negara lain. Ini yang kita harus ketahui tentang manfaat infrastruktur," tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.