Dark/Light Mode

Melani Suharli Dukung Eksistensi BTN Dalam Pemenuhan Pembiayaan Perumahan Rakyat

Selasa, 23 Mei 2023 11:55 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggandeng PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), menggelar sosialisasi bertema Peluang dan Tantangan Pembiayaan Perumahan, di Hotel Amos Cozy. (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggandeng PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), menggelar sosialisasi bertema Peluang dan Tantangan Pembiayaan Perumahan, di Hotel Amos Cozy. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli kembali menggelar sosialisasi bagi para konstituennya di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Kali ini, menggandeng PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), sosialisasi yang digelar bertema "Peluang dan Tantangan Pembiayaan Perumahan".

"Saya mengucapkan terima kasih kepada BTN yang telah memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada konstituen untuk mengenal lebih jauh tentang peran BTN yang bergerak di pembiayaan perumahan, utamanya pembiayaan rumah rakyat," ungkap Melani, di Hotel Amos Cozy, Senin (22/5).

Politisi Partai Demokrat ini mengakui, peran aktif BTN sangat penting dalam menjalankan fungsinya sebagai bank yang fokus pada pembiayaan rumah rakyat.

Dia mengapresiasi BTN yang berkontribusi sangat besar terhadap suksesnya program sejuta rumah yang menjadi andalan pemerintah.

Namun Melani mengungkapkan, peran tersebut perlu didukung berbagai stakeholder, termasuk Komisi VI DPR, agar BTN bisa lebih besar dalam membiayai rumah rakyat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga : Periksa 3 Saksi Ini, KPK Dalami Pendirian Perusahaan Konsultan Pajak Rafael Alun

Apalagi, Melani membeberkan, backlog atau kebutuhan perumahan saat ini mencapai 12,7 juta unit.

"Ini bukan tugas dari Bank BTN semata untuk bisa mengurangi angka yang sangat tinggi tersebut. Kita perlu mendukung dengan menerbitkan berbagai aturan agar sektor pembiayaan perumahan bisa tumbuh," ungkap putri Pahlawan Nasional Johanes Leimena ini.

Diingatkannya, sektor properti khususnya perumahan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Pasalnya dampak langsung dari sektor perumahan akan dirasakan oleh sekitar 174 sektor turunannya seperti industri semen, pasir, cat, batu dan lain sebagainya," ungkap Melani.

Selain mewujudkan rumah impian bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sektor perumahan juga menyerap sekitar 500 ribu tenaga kerja untuk setiap pembangunan 100 ribu unit rumah.

Komisi VI DPR, kata Melani, mendukung Relaksasi POJK 48/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Corona Virus Disease 2019 untuk Sektor Perumahan diperpanjang.

Baca juga : Xanana Gusmao Unggul

Hal ini dinilai penting dilakukan, mengingat masih berjalannya pemulihan usaha di sektor perumahan.

"Kita tahu saat pandemi Covid-19 para nasabah diberikan relaksasi pembiayaan perumahan," tutur Melani.

Melani juga meminta Pemerintah Daerah dan stakeholder untuk mendukung gerakan masyarakat mudah punya rumah. Caranya, di antaranya dengan memberikan kemudahan perizinan.

"Peluang bisnis pembangunan perumahan terbuka sangat lebar, di mana masih banyak masyarakat yang belum memiliki rumah termasuk para milenial yang jumlahnya sekitar 31 persen dari total penduduk Indonesia," ucap Melani.

Perbankan seperti Bank BTN, tutur Melani, perlu terus dilibatkan dalam penyaluran program bantuan sosial pemerintah.

Baca juga : Ganjar Tegaskan Komitmen Pemerintah Dalam Penerapan Pendidikan Pancasila

"Dan terakhir, rasanya kita juga perlu mengawal percepatan impelementasi Bank Tanah untuk memastikan ketersediaan lahan agar memudahkan suplai rumah terjamin dengan harga yang terjangkau," saran anggota parlemen tiga periode ini.

Melani berharap, BTN mampu terus berinovasi dan juga bertransformasi sehingga kontribusinya bisa dirasakan masyarakat luas.

"Semoga sosialisasi ini semakin memberikan ruang kedekatan masyarakat dengan BTN. Dan juga menjadi komitmen BTN menjadi perusahaan terdepan dalam bidang pembiayaan perumahan utamanya pembiayaan rumah rakyat," tutup Melani.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.