Dark/Light Mode

Pekan Nasional Kelompok Tani

Kolaborasi Pertanian Makin Kuat

Rabu, 14 Juni 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi IV DPR Hermanto. (Foto: Humas Fraksi PKS)
Anggota Komisi IV DPR Hermanto. (Foto: Humas Fraksi PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan memuji pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Perupuk Tabing, Padang. Penas ini dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (10/6) dan digelar selama lima hari hinggga Kamis (15/6).

Anggota Komisi IV DPR Hermanto mengapresiasi kerja keras semua pihak, sehingga Penas berlangsung sukses. Mereka telah bekerja keras sampai detik terakhir menyelesaikan berbagai kekurangan, sehingga pada saatnya semua stan sudah rapi.

"Sebanyak 14 gubernur dan sekitar 300 bupati/wali kota hadir dalam acara pembukaan Penas. Kehadiran mereka indikator kepercayaan provinsi lain kepada Sumatera Barat (Sumbar)," kata Hermanto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Krisis Pangan Di Depan Mata, Ancam Kerek Inflasi

Dia pun mengajak masyarakat Sumbar khususnya petani dan nelayan datang ke lokasi Penas. Apalagi acara ini menghadirkan banyak inovasi dari para petani.

"Di lokasi Penas, banyak informasi teknologi baru yang perlu diketahui oleh para pelaku pertanian dan perikanan. Kalau mau maju, datanglah ke lokasi Penas,” ajak Hermanto.

Pada acara tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mewakili Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan kepada para pihak yang dinilai berjasa mengembangkan pertanian Indonesia. Di antara penerima penghargaan tersebut adalah Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman yang menerima Satya Lencana Pembangunan.

Baca juga : Ini Pesan Thomas Doll Ke Rizky Dan Witan Di Laga FIFA Matchday

"Selamat untuk para pihak yang telah membuat kegiatan Penas Sumbar sukses," ucap Hermanto.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengapresiasi kegiatan Penas XIV di Padang, Sumbar. Kegiatan tersebut menjadi momentum besar bagi petani dan Pemerintah dalam mempererat kolaborasi membangun pertanian yang lebih kuat.

"Karena itu, Pak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) silakan gunakan sebanyak-banyaknya platform KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk kebutuhan petani Indonesia," ujar Airlangga.

Baca juga : Ini Cara Kemenkumham Bangun Mindset SDM Sebagai Pelayan Masyarakat

Menurut Airlangga, saat ini Pemerintah terus membangun berbagai sarana dan prasarana pertanian seperti infrastruktur jalan, embung dan juga varietas unggul untuk peningkatan produktivitas. Pemerintah juga sudah membangun infrastruktur bendungan untuk penyediaan air dan sarana transportasi agar logistic cost bisa bersaing dan kompetitif.

Airlangga menambahkan, sektor pertanian sangat penting karena menjadi penunjang utama tumbuh kembangnya ekonomi Indonesia. Karena itu, produksi harus ditingkatkan melalui berbagai program yang disiapkan pemerintah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.