Dark/Light Mode

Pekan Nasional Kelompok Tani

Kolaborasi Pertanian Makin Kuat

Rabu, 14 Juni 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi IV DPR Hermanto. (Foto: Humas Fraksi PKS)
Anggota Komisi IV DPR Hermanto. (Foto: Humas Fraksi PKS)

 Sebelumnya 
“Peringatan FAO terhadap ancaman krisis pangan global kita antisipasi, terus mengambil langkah konkret untuk pangan nasional dengan cara peningkatan produksi. Juga memastikan konsumsi pangan serta mengenalkan pangan ke negara lain sebagai komoditas ekspor," jelasnya.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pangan adalah sektor yang paling strategis karena berkaitan langsung dengan aspek dasar kehidupan masyarakat. Sektor pangan juga menjadi tumpuan bagi terbukanya lapangan kerja serta menguatkan ekonomi Indonesia.

Baca juga : Krisis Pangan Di Depan Mata, Ancam Kerek Inflasi

"Karena itu, Kementan terus mencanangkan semua kabupaten bisa melakukan pengolahan lahan 1.000 hektare untuk menguatkan ketahanan dan kemandirian pangan nasional. Di sini pentingnya kolaborasi sebagai penguat mewujudkan lumbung pangan dunia," katanya.

Selanjutnya, Syahrul menekankan pentingnya penanganan musim kering alias cuaca ektrem El Nino yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang. Di antaranya, membuka setiap sumur resapan, mengoprasikan pompa, mengatur irigasi dan menyiapkan benih unggul tahan cuaca buruk.

Baca juga : Ini Pesan Thomas Doll Ke Rizky Dan Witan Di Laga FIFA Matchday

Syahrul mengatakan, Pemerintah sudah memiliki layanan program KUR pertanian yang bisa diakses semua petani dan pelaku usaha tani untuk menguatkan sisi permodalan. Sejauh ini, kinerja dan peminta KUR cukup bagus, mengingat kredit yang ditawarkan memiliki bunga yang sangat rendah.

"Besok itu sudah pasti akan ada suhu panas yang luar biasa. Antisipasinya harus dimainkan, salah satunya membuka sumur bor yang sudah menampung air, termasuk menyiapkan berbagai varietas unggul. Pemerintah siap membantunya dengan program KUR sebagai permodalan," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.