Dark/Light Mode

Lihat Pemanfaatan Biosaka Di Demak

Komisi IV Puji Inovasi Petani

Kamis, 20 Juli 2023 07:45 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini saat memimpin Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Demak. (Foto: DPR RI)
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini saat memimpin Kunjungan Kerja Reses Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Demak. (Foto: DPR RI)

 Sebelumnya 
Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo mengatakan, petani sudah makin banyak merasakan dampak dari penggunaan biosaka ini ke pertanian. Salah satunya di Demak. Kacang hijau yang disemprotkan dengan biosaka, hasilnya luar biasa.

“Sekarang kacang hijau ini menjadi komoditas dengan nilai ekonomis tinggi. Harganya sudah sampai Rp 16 ribu per kilogram,” kata dia.

Atas dasar itu, Firman mendorong agar aplikasi biosaka ini terus digalakkan ke petani.

Baca juga : PM Belanda Mundur, Pemerintahan Bubar

“Terima kasih, Kementan telah membina para petani ­kita. Insya Allah, biosaka bisa ­kita kembangkan dan menjadi ­alternatif untuk petani karena sangat ­mudah prosesnya,” ucapnya.

Firman menuturkan, biosaka ini merupakan ramuan organik untuk tanaman pertanian yang tentunya membutuhkan du­kungan dari Pemerintah. Sejauh ini, formulanya sangat mudah sehingga petani dapat memproduksinya sendiri.

“Tentu ini perlu penelitian lebih lanjut agar menjadi rekomendasi Pemerintah,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi Puji Inovasi UMKM Binaan BIN

Firman melihat, biosaka ini sangat terasa manfaatnya. Tanaman kedelai yang diberi biosaka terbukti tumbuh subur dengan penampakan daun lebih lebar, polong kacang lebih banyak dan besar.

Tanaman kedelai yang di­semprot biosaka juga lebih tahan terhadap hama dan penyakit, serta mampu bertahan terhadap cuaca ekstrem.

Karena itu, Firman mendorong agar teknologi pertanian organik ini terus dikembangkan. Sebab, hasilnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan para petani, terutama di wilayah Pantura Jawa.

Baca juga : Jadi Pelatih Dadakan Di Korsel, Asnawi Dipuji Netizen

“Ke depan, kami ingin bicara dengan Pemerintah agar ada regulasi dan supporting system untuk mendukung masyarakat dalam memanfaatkan biosaka,” katanya.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.