Dark/Light Mode

Indonesia Sukses Keluar Dari Pandemi Covid-19

APBN 2022 Layak Dijadikan Referensi Penanganan Krisis

Sabtu, 26 Agustus 2023 07:30 WIB
Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi. (Foto: DPR RI)
Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi. (Foto: DPR RI)

 Sebelumnya 
Namun, di tengah rentannya situasi global tersebut, Indone­sia berhasil mengendalikan laju inflasi tahunan 2022 di angka 5,51 persen. Penerimaan negara juga mencatatkan positif 116,3 persen dari target windfall profit booming harga-harga komiditas unggulan ekspor beserta produk turunan dan hiiirisasinya.

Hingga triwulan III tahun 2023, Indonesia telah mencatat­kan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dalam tujuh kuartal berturut-turut.

“Karena itu, Fraksi Golkar DPR dengan penuh rasa syukur berpandangan bahwa Indone­sia telah kembali dalam jalur menuju Indonesia Maju 2045,” yakinnya.

Baca juga : Jadikan Peluang, Bukan Musibah

Walau demikian, Bobby meng­ingatkan, dinamika geopolitik serta dampak-dampak dari pan­demi Covid-19 belum sepenuh­nya berakhir. Segenap elemen bangsa mesti senantiasa waspada mengantisipasi setiap skenario dan kemungkinan buruk.

Untuk itu, pihaknya meminta agar keberhasilan bangsa ini menghadapi kirisis dan keti­dakastian global tidak boleh hanya dapat dinikmati oleh generasi kita sendiri. Pemerintah diharapkan mendokumentasikan dengan baik setiap langkah, setiap kebijakan, serta setiap detil perkembangan penanganan situasi krisis termasuk pandemi Covid-19.

“Agar dapat menjadi pegangan, referensi serta literatur yang bermanfaat bagi generasi yang akan datang,” harapnya.

Baca juga : Dukung Perpres Akhir Pandemi Covid, Prof Tjandra Usul Strategi Jangka Panjang

Bobby mengatakan, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Lapo­ran Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2022 merupakan bukti komitmen Pemerintah dalam menjaga kualitas penge­lolaan APBN.

Untuk itu, Fraksi Golkar mem­beri apresiasi kepada Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan se­genap jajarannya karena mampu mempertahankan opini WTP dalam tujuh tahun berturut-turut.

“Capaian ini modal penting untuk mempertahankan otimisme dan kepercayaan publik. Pemerintah memiliki kapasitas dan integritas membawa bangsa ini menuju cita-cita menjadi negara maju pada tahun 2045,” jelasnya.

Baca juga : Komisi VII: Pencabutan Status Pandemi Covid-19 Sudah Dipertimbangkan Matang

Meski sudah cukup memuas­kan, Pemerintah kudu senantiasa meningkatkan pengawasan dan kualitas penelolaan keuangan di setiap kementerian/lembaga (K/L). Terlebih, negara saat ini sudah memasuki tahun politik menjelang pemilu serentak 2024.

“Fraksi Golkar juga berharap tingkat kepatuhan dan kualitas pengelolaan keuangan yang tercermin dalam opini BPK di­jadikan salah satu pertimbangan. Ini untuk menentukan alokasi anggaran Kementerian/Lembaga terkait dalam tahun anggaran berikutnya,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 26/8/2023 dengan judul Indonesia Sukses Keluar Dari Pandemi Covid-19, APBN 2022 Layak Dijadikan Referensi Penanganan Krisis

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.